Endah Fajarsari, Fitria (2012) PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 KABUPATEN SRAGEN. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
Preview |
Text
ABSTRAK.AKHIR.pdf Download (14kB) | Preview |
Abstract
Sikap dan perilaku yang dicerminkan dari peran budaya organisasi yang
diterapkan serta komunikasi sebagai alat yang digunakan untuk melakukan fungsifungsi
organisasi diharapkan dapat menghasilkan kineja yang baik. Dengan melihat
kondisi SDN 3 di Kabupaten Sragen dalam organisasi yang terbentuk tercermin
dari ciri sikap perilaku disiplin masuk kerja, kekompakkan, kinerja guru dalam
menyelesaikan tugas yang diacu dari program kerja yang dibuat oleh masingmasing
guru, kegiatan tatap muka yang dilakukan sebagai wujud komunikasi
formal dimana kondisi ini dapat diduga adanya hubungan antara variabel-variabel
budaya organisasi dan komunikasi organisasi dengan kinerja guru. Penelitian ini
dilakukan pada guru SDN 3 di Kabupaten Sragen, karena memiliki banyak prestasi
baik prestasi sekolah, prestasi guru maupun siswa/siswi. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan komunikasi organisasi terhadap
kinerja guru Sekolah Dasar Negeri 3 Kabupaten Sragen. Jenis penelitian yang
dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian survey. Seluruh populasi menjadi
sampel penelitian yaitu seluruh guru SDN 3 Sragen yang berjumlah 24 orang.
Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas semua data dinyatakan valid. Hal ini dapat
dilihat dari hasil penelitian nilai t = 2,628 dengan tingkat signifikansi 5% (p =
0,016; p < 0,05 dan dapat dilihat dari nilai t = 2,789 dengan tingkat signifikansi 5%
(p = 0,011; p < 0,05) . Jadi dapat disimpukan bahwa variabel budaya organisasi dan
komunikasi organisasi berpengaruh signifikan terhadap tingkat kinerja guru SD
Negeri 3 Sragen. Variabel komunikasi organisasi lebih dominan pengaruhnya
dibandingkan dengan budaya organisasi terhadap kinerja guru Sekolah Dasar
Negeri 3 Kabupaten Sragen. Hal ini dapat dilihat dari koefisen Beta variabel
komunikasi (0,459) lebih besar dari variabel budaya organiasasi ( 0,433).
Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan nilai R Square (R2) sebesar 0,640 yang
berarti bahwa variasi variabel independen yaitu budaya organisasi dan komunikasi
dapat menjelaskan sebesar 64,0% terhadap variasi variabel dependen yaitu kinerja
guru. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti memberikan saran bagi sekolah
saran bagi sekolah, yaitu perlu dibangun budaya organisasi yang lebih baik untuk
meningkatkan kinerja guru, dengan menerapakan disiplin yang tinggi untuk
meningkatakan prestasi belajar siswa.
Attitudes and behaviors that reflected the role of organizational culture and
communication are applied as a tool used to perform the functions of the
organization are expected to generate databases must address satisfying. By looking
at the condition of SDN 3 in Sragen the organization formed an attitude reflected in
the behavior traits of discipline to come to work, teacher performance in
completing the tasks of the work program referred to are made by individual
teachers, face-to-face activities undertaken as a form of formal communication
wherein this condition can be suspected existence relationship between variablesvariables
organizational culture and communication organization with teacher
performance. The research was conducted at SDN 3 teachers in Sragen, because it
has a lot of good track school performance, teacher performance and student /
student. This study aims to determine the influence of organizational culture and
organizational communication on the performance of elementary school teachers 3
Sragen. This type of research used in this study is survey research. The entire
population of a sample that all teachers SDN 3 Sragen totaling 24 people. Based on
test validity and reliability all of the data is declared valid. It can be seen from the
results of the research value of t = 2.628 with a significance level of 5% (p = 0.016,
p <0.05 and can be seen from the value of t = 2.789 with a significance level of 5%
(p = 0.011, p <0.05) . so can be concluded that organizational culture and
communication variables significantly influence the organizational performance
level 3 Sragen elementary school teacher. variables influence organizational
communication more dominant than the organizational culture on the performance
of elementary school teachers 3 Sragen. It can be seen from the Beta coefficient
variable communication (0.459) greater than organiasasi cultural variables (0.433).
Based on the results of the calculation value of R Square (R2) of 0.640, which
means that the variation in the independent variable is organizational culture and
communication can be explained by 64.0% of the variation in the dependent
variable is the performance teachers. Based on the results of this study, researchers
gave suggestions for school suggestions for schools, which have built a better
organizational culture to improve teacher performance, with high discipline
applying to increasing student achievement
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 24 Nov 2016 04:43 |
Last Modified: | 24 Nov 2016 04:43 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9333 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |