STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA DI BANJARNEGARA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATA

PUTRA, RIZKI ADETYA PRATAMA (2012) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA DI BANJARNEGARA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATA. Other thesis, UPN "Veteran" yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (80kB) | Preview

Abstract

Kabupaten Banjarnegara memiliki potensi dan daya tarik wisata sangat potensial dan laku dipasarkan baik Wisatawan Nusantara maupun Wisatawan Mancanegara. Masalah yang dihadapi Dinas Pariwisata Banjarnegara saat ini adalah yang berkitan dengan kemampuan keuangan Daerah serta data kunjungan Wisatawan setiap tahun pada obyek wisata tertentu mengalami penurunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan pariwisata, promosi pariwisata, dan tujuan promosi pemasaran yang dilakukan Dinas Pariwisata Kabupaten Banjarnegara dalam meningkatkan kunjungan wisata setiap tahunya. Hal ini dilakukan untuk menghadapi persaingan yang cukup ketat dalam dunia kepariwistaan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif, metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif yaitu penelitian yang berusaha untuk menggembangkan konsep-konsep, menghimpun fakta, tetapi penelitian ini tidak dimaksudkan untuk pengujian hipotesis (anggapan sementara) berdasarkan teori-teori tertentu. Pada penelitian ini data diperoleh melalui wawancara dan studi pustaka. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif, dan disajikan dalam bentuk uraian yang disusun secara detail dan sistematis. Hasil penelitian menunjukkan Dinas Pariwisata Kabupaten Banjarnegara membuat Renstra dan evaluasi untuk keberhasilan komunikasi pemasaran dengan mengunakan strategi komunikasi pemasaran dengan konsep Periklanan, Public Relations, Promosi Penjualan dan Direct Selling. Dinas Pariwisata Kabupaten Banjarnegara tidak menggunakan bagian Public Relations, tetapi fungsi Public Relations yang digunakan dalam komunikasi pemasaran. Dalam kegiatan komunikasi pemasaran iklan digunakan dengan memakai media radio atau media elektronik. Untuk Personal Selling, Dinas Pariwisata Banjarnegara menggunakan armada door to door dengan menugaskan beberapa orang ke suatu daerah tertentu. Promosi Penjualan dengan mengadakan pameran wisata secara rutin dilaksanakan Dinas Pariwisata Kabupaten Banjarnegara untuk mempromosikan dan mempublikasikan secara langsung kepada khalayak. Direct Selling menggunakan website dan email ini juga diberikan untuk melakukan penawaran kepada para calon wisatawan yang berada ditempat yang jauh menjadi yang “terdekat” apabila memanfatkan media internet. Kelemahanya web tersebut jarang di update. Sehingga mempengaruhi kunjungan wisatawan terbukti dengan adanya penurunan data kunjungan wisatawan secara keseluruhan semenjak tahun 2009-2011.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mr Suninto Prabowo
Date Deposited: 24 Nov 2016 01:28
Last Modified: 24 Nov 2016 01:32
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9290

Actions (login required)

View Item View Item