PENGARUH PENGGUNAAN JEJARING SOSIAL FACEBOOK TERHADAP KONSEP DIRI NEGATIF REMAJA (Studi Pada Siswa dan Siswi SMU 2 Klaten)

DEA RAHARDIAN, DONY (2012) PENGARUH PENGGUNAAN JEJARING SOSIAL FACEBOOK TERHADAP KONSEP DIRI NEGATIF REMAJA (Studi Pada Siswa dan Siswi SMU 2 Klaten). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Facebook sebagai media sosial mempenyai peran yang penting bagi kehidupan remaja. Pemakain facebook yang terus menerus dan bahkan sudah kecanduan bisa menimbulkan efek yang buruk bagi diri sendiri dan bahkan orang lain. Secara khusus penelitian ini bertujuan melihat pengaruh penggunaan situs jejaring sosial facebook terhadap konsep diri negatif remaja. Remaja yang dimaksud disini yaitu remaja SMA kelas X1 dan SMA kelas XII karena remaja emosinya masih labih sehingga mengikuti apa saja yang sedang trend tanpa mengetahui dampak atau efek yang akan ditimbulkan.Teori yang digunakan yaitu teori uses and gratification, yang menerangkan bahwa para pengguna media memanusiakan media yang digunakan (facebook) dengan kata lain media hanya sebagai alat dan pengguna yang aktif. Teori ini sesuai dengan media yang diteliti yaitu internet (facebook) karena dapat mengetahui dampak yang ditimbulkannya Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan metode survey dengan mengambil sampel sebanyak 86 dari SMA N 2 Klaten. Peneliti memilih SMA ini karena selain para siswa-siswi yang tanggap teknologi yaitu mengikuti apa yang sedang trend saat ini dan juga pihak sekolah sudah melengkapi dengan wifi sehingga para siswa bisa mengakses dengan mudah. Teknik analisis yang dipakai adalah analisis product moment dan analisis regresi linier sederhana dengan program SPSS V. 15.0. for windows. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan situs jejaring sosial facebook mempunyai pengaruh terhadap konsep diri negatif remaja. Berdasarkan nilai determinasi (R²/RSquare) adalah 0,241, hal ini menyatakan 24,1% konsep diri negatif remaja dapat dijelaskan oleh penggunaan situs jejaring sosial facebook. Hasil korelasi product moment didapat r hitung sebesar 0,491 lebih besar dari r tabel 0,213. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel pengaruh penggunaan situs jejaring sosial facebook yang terusmenerus terhadap konsep diri negatif remaja pada SMA N 2 Klaten. Hal tersebut membuktikan bahwa hipotesis H1 dalam penelitian ini dapat diterima. Facebook is a social networking service which have important role for teenager life. Using facebook continuously and even an addiction can cause adverse effects for ourselves and even others. This research specifically aims to see the negative side of “teens” itself from year 11 to year 12 from high school using the social networking, facebook. As they growing up and have unstable emotions, they following the “trends” or mainstream for their ages without knowing what impact or effect would be happen to them in the future. “Uses and Gratification” theory explain the users of humanizing the medium used media (facebook). In other words, media here just as a tool or active user. This theory corresponds to the media in thoroughly internet (facebook), because can know what kind of impact. The research that being used is “quantitative”, use surveying method which is get sample from 86 students from senior high school 2 Klaten (SMAN 2 KLATEN). Researcher choose this high school because in addition to the students who response to the technology which is following the mainstream. Moreover, the school using “wifi” so the students could access the internet easily. Analysis technique that used is “product moment” and basic linier regression analysis use SPSS V.15.0. program for windows. Based on the research, it conclude that the teens using facebook networking can impact to their personalities being negative. Based on the determination point (R²/RSquare) is 0.241, means 24,1% negative self concept could explain by usage the social networking, facebook. Results of correlation product moment come by countdown r 0,491 registered bigger then table r 0,213. In summary, there’s positive and significant relationship between variables influence the use of social networking sites facebook that continuously negative self-concept to the teens at SMAN 2 KLATEN. It proves that hypothesis H1 in this research is acceptable.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 22 Nov 2016 07:55
Last Modified: 22 Nov 2016 07:55
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9196

Actions (login required)

View Item View Item