Pengaruh Tingkat Penggunaan Blackberry Messengger Terhadap Pemuasan Kebutuhan Sosial di Kalangan Sales promotion girls di Yogyakarta

Radhila Mutiara Putri, Deltha (2014) Pengaruh Tingkat Penggunaan Blackberry Messengger Terhadap Pemuasan Kebutuhan Sosial di Kalangan Sales promotion girls di Yogyakarta. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK Deltha Radhila Mutiara Putri.pdf

Download (56kB) | Preview

Abstract

Blackberry Messenger merupakan salah satu situs jejaring sosial yang telah mengubah cara berkomunikasi. Penggunaan aplikasi blackberry messenger ini sudah menjadi sangat populer dikalangan masyarakat. Masyarakat dapat menjadikan perangkat blackberry sebagai lifestyle. Sales promotion girls, kebanyakan mempunyai gaya hidup yang mewah demi mendapatkan pengakuan dari masyarakat sekitar. Keutuhan sosial akan aktualisasi diri, merasa dicintai, dan merasa dihargai menjadi faktor utama dalam penelitian ini. Kebanyakan dalam rentang usia remaja karena masih sangat produktif, dinamis, dan bersemangat. Penggunaan Media Sosial Blackberry Messenger dapat mempengaruhi pemuasan kebutuahn sosial suatu pada diri seseorang. Hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk membahas mengenai Apakah ada pengaruh Tingkat Penggunaan Blackberry Messenger terhadap Pemuasan Kebutuhan Sosial yang merupakan perumusan masalah dalam penelitian ini. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Teori Uses and Gratifications yang kemudian disinergikan dengan Teori Kebutuhan milik Abraham Maslow. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian survei. Data hasil penelitian dianalisis dengan Koefisient Determinasi, regresi linier sederhana, dan pengujian signifikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, studi kepustakaan, dan observasi. Penelitian dilakukan dengan mengambil responden Sales Promotion Girls di Yogyakarta. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis koefisient determinasi maupun analisis regresi diketahui R square sebesar 0,896 sehingga ada hubungan antara Tingkat Penggunaan Blackberry Messenger terhadap Pemuasan Kebutuhan Sosial di Kalangan Sales Promotion Girls di Yogyakarta yang berpengaruh positif dan signifikan. Diperoleh nilai koefisien regresi untuk variabel X sebesar 0,521 dengan konstanta sebesar 46,764. Sehingga ada pengaruh antara X terhadap Y untuk setiap terjadi perubahan satu satuan angka. Tingkat hubungan Tingkat Penggunaan Blackberry Messenger yang terdiri dari frekuensi, intensitas, dan durasi terhadap Pemuasan Kebutuhan Sosial di Kalangan Sales Promotion Girls di Yogyakarta adalah sangat tinggi dan Pemuasan Kebutuhan Sosial dipengaruhi oleh Tingkat Penggunaan Blackberry Messenger sebesar 89,6% yang terdiri merasa dicintai atau disukai orang lain, merasa dihargai orang lain, dan aktualisasi diri yang dicapai sedangkan 10,4% dipengaruhi oleh faktor lain seperti budaya, proses adaptasi, kebiasaan, dan norma-norma.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 22 Nov 2016 03:20
Last Modified: 22 Nov 2016 03:20
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9144

Actions (login required)

View Item View Item