“STRATEGI KOMUNIKASI MEMBANGUN RUMAH PINTAR DESA SEJAHTERA “HARGOTIRTO” KECAMATAN KOKAP BERBASIS DESA WISATA PENDIDIKAN”

Puspita Sari, Arum (2012) “STRATEGI KOMUNIKASI MEMBANGUN RUMAH PINTAR DESA SEJAHTERA “HARGOTIRTO” KECAMATAN KOKAP BERBASIS DESA WISATA PENDIDIKAN”. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Rumah Pintar “Hargotirto” merupakan salah satu inovasi baru dalam dunia wisata berbasis pendidikan. Objek wisata ini terletak di Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Inovasi baru yang ada di Desa Hargotirto menyediakan lima pilar yang menjadi icon Rumah Pintar “Hargotirto”. Merubah pola pikir masyarakat yang dulunya statis memang tidak mudah, untuk itu dibutuhkan strategi komunikasi untuk melakukan perubahan agar berkembang lebih maju. Berdasarkan latar belakang tersebut rumusan masalah yang dibuat adalah “Bagaimana Strategi Komunikasi Rumah Pintar Desa Sejahtera “Hargotirto” dalam Membangun Desa Wisata Pendidikan kepada Masyarakat Yogyakarta?”. Penelitian ini memiliki tujuan mengidentifikasi strategi komunikasi, peran Rumah Pintar “Hargotirto” sebagai wisata pendidikan, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat. Perkembangan Rumah Pintar “Hargotirto” nantinya diharapkan mampu memberikan income bagi masyarakat / pengelola desa serta menjadi desa percontohan bagi desa-desa sekitar. Dalam membangun Rumah Pintar “Hargootirto” peneliti menggunakan Teori Difusi Inovasi sebagai pemahaman mengenai sebuah pesan yang disampaikan. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang digunakan oleh Rumah Pintar Desa Sejahtera “Hargotirto” melalui pendekatan media dan pendekatan interpersonal. Pendekatan media dilakukan melalui internet dan media cetak. Untuk pendekatan interpersonal dilakukan oleh pihak LPPM UGM, Pengelola desa, word of mouth dan perpustakaan daerah Kulon Progo. Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa peran media sangat membantu dalam memperkenalkan objek wisata kepada khalayak luas khususnya Yogyakarta. Peranan pengelola Rumah Pintar “Hargotirto” dalam memperkenalkan wisata pendidikan belum sepenuhnya berjalan dengan pesat, namun respon dari masyarakat sangat membantu dalam perkembangan memperkenalkan Rumah Pintar “Hargotirto” sebagai desa percontohan yang mandiri. Smart House “hargotirto” is one of the ne innovations in the world of education-based tourism. This attraction is located in District Kokap, Village Hargotirto, Kulonprogo. New innovations in the village Hargotirto provide five pillars that make the icon Smart House “Hargotirto”. Changing the mindset of the people who used to be static it is not easy, for the communication strategy was needed to make changes in order to develop more advanced. Based on this background that made the formulation of the problem is “How Smart House Communication Strategy Prosperous Village “Hargotirto” in the Village building Community Yogyakarta Tourism Education”. This Study has the objective to identify communication strategies, the role of Smart House “Hargotirto” as an educational tour, and to know the factor supporting and inhibiting. Development of Smart House “Hargotirto” hopefully will be able to provide income for the community / village manager and make the village a model for surrounding villagers. In building the Smart House “Hargotirto” Diffusion of Innovations theory researchers use to use as support understanding of the message. The research method used is based on a qualitative descriptive study, with data collecting technique through interview, observation and literature study. The results of this study indicate that the communication strategies used by the Smart House Prosperous Village “Hargotirto” via media approach and interpersonal approaches. Approach is done through internet media and print media. The use of media is done so that the information provided to the consumer. For the interpersonal approach undertaken by LPPM UGM, village manager, word of mouth, and regional library Kulonprogo. Research carried out shows that the role of media is very helpful in introducing the attraction to a wide audience, especially Yogyakarta. The Role of Smart House “Hargotirto” in the village or community’s readiness to promote thee management has not fully, but the response from the community is very helpful in introducing the development of Smart House “Hargotirto” to keep it running in stages up to independent

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 21 Nov 2016 04:23
Last Modified: 21 Nov 2016 04:23
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9116

Actions (login required)

View Item View Item