AGUSTA PRAMALA, GLORY (2012) POLA KOMUNIKASI ANAK AUTIS DI DALAM DAN DI LUAR SEKOLAH (Studi pada Siswa Autis Sekolah Lanjutan Autis Fredofios Yogyakarta). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
|
Text
ABSTRAK GLORY AGUSTA 153080339.pdf Download (170kB) | Preview |
Abstract
Anak autis adalah kondisi anak yang mengalami gangguan perkembangan fungsi otak yang mencakup bidang sosial, komunikasi verbal dan non-verbal, imajinasi, fleksibilitas, kognisidanatensi. Anak autis kurang dalam merespon stimulus dari lingkungan sebagaimana mestinya dan memperlihatkan kurangnya kemampuan komunikasi dan sering merespon lingkungan dengan cara yang unik. Berdasarkan hal tersebut di dapatkan rumusan masalah yaitu bagaimana pola komunikasi anak autis yang di dalam sekolah dan di luar sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penyandang autis dalam berkomunikasi dengan guru dan teman sesama autis di sekolah menggunakan dua jenis komunikasi, yaitu komunikasi satu arah dan komunikasi dua arah. Sedangkan ketika berada di luar sekolah penyandang autis hanya menggunakan polakomunikasi dua arah dengan orang tuanya. Komunikasi yang digunakan anak autis sangatlah unik karena berbeda dengan anak normal pada umumnya. Pola komunikasi yang digunakan anak autis dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan teman sesame autis, guru dan orang tua tergantung pada tingkat kemapuan dan spektrum autis yang dimiliki setiap anak. Kata Kunci: PolaKomunikasi, AnakAutis Autism is a condition children were having developmental disorders brain functions includes sosial, verbal communication and no-verbally, imagination, flexibility, congnition and attention. A child with autism is less stimulus than in responding to the environment properly and show a lack of communication skills and often responds to the environment in a unique way. According to this formulation problem namely how to get patterns of communication in autistic child in school and outside school. The methods used in this research is qualitative research methods with a descriptive approach. People with autistic in communication with the teacher and friend fellow autistic in school using two types of communication, namely communication one direction and two way communication. Whereas when being out of school for people with an autistic pattern using only two-way communication with parents. Communication used an autistic child is unique because unlike normal children in General. The communication pattern that used an autistic child to communicate and interact with your fellow autistic, teachers and parents depending on the level of capability and autistic spectrum disorders which belonged to each child. Keywords: Communication pattern, An Autistic Child
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 21 Nov 2016 02:39 |
Last Modified: | 21 Nov 2016 02:39 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9106 |
Actions (login required)
View Item |