SUARA PUBLIK TENTANG PERBANKAN DI SURAT KABAR (Analisis Isi Rubrik Surat Pembaca Masalah Perbankan Surat Kabar Harian Kompas Periode Juli – Desember 2011)

DWI SEPTININGRUM, WAHYU (2012) SUARA PUBLIK TENTANG PERBANKAN DI SURAT KABAR (Analisis Isi Rubrik Surat Pembaca Masalah Perbankan Surat Kabar Harian Kompas Periode Juli – Desember 2011). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Surat pembaca merupakan opini singkat yang ditulis oleh pembaca yang
biasanya berisi komentar tentang hal yang menyangkut kepentingan dirinya atau
masyarakat. Perbankan menjadi tema yang dibahas dalam penelitian ini karena
perkembangan dunia perbankan yang cukup pesat dan sebagian besar masyarakat
Indonesia telah menggunakan jasa pelayanan yang ditawarkan oleh bank.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan isi dari gagasan
pembaca terkait dunia perbankan yang dimuat di rubrik Redaksi Yth surat kabar
harian Kompas periode bulan Juli hingga Desember 2011. Metode penelitian yang
digunakan adalah analisis isi dengan obyek penelitian semua surat pembaca
terkait masalah perbankan yang dimuat di rubrik Redaksi Yth periode bulan Juli
hingga Desember 2011. Unit analisis dalam penelitian ini meliputi bentuk surat,
sifat surat, emosi dalam surat, bank, permasalahan, pengirim, daerah pengirim,
dan konfirmasi. Hasilnya menunjukkan bahwa di dalam rubrik Redaksi Yth,
kecenderungan surat pembaca yang dimuat merupakan surat pembaca murni.
Lebih dari separuh dari jumlah total surat pembaca yang termuat dikirimkan oleh
pembaca terkait berbagai permasalahannya terkait dunia perbankan.. Gagasan
yang disampaikan masyarakat melalui surat pembaca murni cenderung bersifat
keluhan. Hampir seluruh data yang terdokumentasi menunjukkan bahwa
masyarakat lebih sering mengeluhkan kekecewaannya pada sistem dan pelayanan
dari pihak perbankan yang kurang maksimal atau tidak sesuai harapan nasabah.
Permasalahan perbankan yang banyak dibahas dalam surat pembaca cenderung
mengarah pada fasilitas kartu kredit. Tingginya masalah kartu kredit ini berkaitan
dengan semakin meningkatnya penggunaan kartu kredit di kalangan masyarakat
Indonesia. Sementara itu, Bank Mandiri menjadi bank yang paling banyak
disebutkan dalam surat pembaca. Keberadaan rubrik Redaksi Yth menunjukkan
bahwa Kompas menjalankan fungsi tanggung jawab sosialnya yaitu memberikan
pelayanan sebagai forum untuk saling tukar komentar dan kritik.

Surat Pembaca are short opinion that written by reader, which usually
consist of comment about things related to their interest or public. Banking being
theme reviewed on this research because rapid banking development and most of
Indonesian society have utilize service offered by bank. This research objective to
investigating reader ideas content tendencious relate to bank that publicy on July
until December 2011. Research method that used is content analysis with object
research overall reader letter relating with banking issues in Redaksi Yth rubric on
Kompas daily newspaper, during July to December 2011 period. Analitical unit in
this research include letter form, letter feature, emotion in letter, bank, issues,
sender, sender area, and confirmation. The result show that in Redaksi Yth rubric,
published reader letter tendencious are pure reader letter. More than half
published reader letter delivering by reader amount related with banking issues.
Ideas delivering by public through pure reader letter in complain form. Almost
documented data show that public frequent convey their dissapointment about
system and service from bank which not optimum or not appropriate to customer
expectation. Banking issues reviewed on reader letter tend directing to credit card
facility. Height of credit card problem relating with increased credit card usage in
Indonesian. Meanwhile, Mandiri Bank being most excessively bank mentioned in
reader opinion. Existence of Redaksi Yth rubric show that Kompas delivering its
social responsibility function, that is gives service as forum to sharing comments
and crtitics

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 21 Nov 2016 01:08
Last Modified: 21 Nov 2016 01:08
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9094

Actions (login required)

View Item View Item