Linda Stevia Putri, Deby (2012) ANALISIS STRATEGI CORPORATE COMMUNICATIONS PT. BANK MANDIRI (PERSERO) TBKDALAM MENANGGAPI SURAT PEMBACA DI KOMPAS SEBAGAI UPAYA MEMPERTAHANKAN LOYALITAS NASABAH. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
Preview |
Text
Microsoft_Word__Copy_of_cover,_hlm_prstjuan,_hlm_motto,_kta_pngntr,_dftr_isi,_dftr_pstaka.pdf Download (191kB) | Preview |
Abstract
Pentingnya suatu korporat untuk melakukan kegiatan komunikasi melalui Corporate
Communications Strategy adalah karena perkembangan isi media massa dan
teknologi informasi yang bisa menjadi sumber informasi “instan” tanpa proses
editing. Dengan penerapan program Corporate Communications, organisasi/korporat
dapat melakukan pensosialisasian pesan mengenai perbaikan dan perubahan-
perubahan yang dilakukan oleh korporat ketika berada dalam situasi isu dan krisis.
Manfaat dari semua perencanaan yang direalisasikan oleh Corporate Communications
adalah untuk mempengaruhi efek kognitif/persepsi stakeholders dan masyarakat
umum sehingga terbentuk persepsi positif mengenai korporat melalui informasi-
informasi yang dimuat di berbagai media massa. Salah satunya melalui media surat
kabar yang dibaca oleh publik. Media surat kabar biasanya menyediakan rubrik surat
pembaca. Surat pembaca adalah surat yang berisi tanggapan, kritik, saran, keluhan,
ucapan terima kasih, dll, yang isinya dapat dibaca oleh siapa saja serta dapat
ditujukan kepada perusahaan atau perorangan. Namun, isi surat pembaca yang ditulis
di media bisa menjadi sumber informasi instan tanpa proses editing, sehingga orang
atau publik yang membaca dan tidak mengalami dapat mendapat referensi dari orang
yang menulis, sehingga dapat menimbulkan persepsi publik tentang korporat.
Menggunakan metodologi deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data
wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Berdasarkan teori manajemen public
relations dan corporate communications. Hasil dan kesimpulan menunjukan bahwa isi
surat pembaca mengenai PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk yang dimuat di media lebih
dominan adalah jenis keluhan, permasalahan yang dominan adalah produk, arah surat
pembaca cenderung unfavorable, strategi corporate communications adalah
memonitor surat pembaca di media, mengklarifikasi dengan cepat, memberikan
tanggapan ke media H+3, menggunakan Formula PEL, (Publicity Effectiveness Level)
yaitu surat pembaca yang dominan keluhan dan cenderung unfavorable dapat diseimbangkan
dengan publikasi berita-berita positif mengenai korporat, dan surat pembaca di media
dapat menjadi isu karena publik yang membaca tidak mengalami tapi dia mendapat
referensi dari orang yang menulis sehingga menimbulkan persepsi publik mengenai
korporat. Saran yang bisa diajukan adalah sehubungan dengan tingginya surat
pembaca yang berjenis keluhan mengenai produk dan unfavorable agar tetap cepat
tanggap dalam menjawab atau merespon surat-surat pembaca yang masuk.
Expert PDF Trial
Importance of a corporation for commit communications activity via corporate
communications stategy because development contents of mass media and
information technology can become “instan” information source without editing
process. With assembling corporate communications program, organization or
corporation can commit message socialization process about betterment and
challenges which made by corporation when be in issue and crisis situation. Benefit
from all planning which realization by corporate communications is for influence
stakeholders and general public cognitive or perception effect. So the forming
positive perception about corporation by informations be contained in various mass
media. One of them is via newspaper which easy to read by public. Press media
which have more reader and more access by peoples in online media. Reader letter is
letter which contain about response, criticism, suggestion, complaint, , dictum
thankyou, etc. Reader letter is open letter which contain can easy to read by anyone
and can addressed to corporation or an individual. Yet, contain of reader letter which
write in media can become “instan” information source without editing. So it will
peoples or public which easy to read and not experience can earn reference from
peoples which writing, so it will can make various public perception. Used
methodology descriptive qualitative with data collection like interview, observation,
and literature. Building on public relations theory and corporate communications.
Yield and conclusion is that contain of reader letter in media dominant is kind of
complaint, problems about products, directions of reader letter is unfavorable,
corporate communications strategy is monitored reader letter in media, fast
clarification, giving respons to media day+3 , used PEL formula (publicity
effectiveness level) which reader letter about complaint and unfavorable can balance
with favorable news about corporation, and reader letter in media can be issue
because public which easy to read not experience but found out reference from
peoples which writing, so it will can make various public perception about
corporation. Suggestion from writer is in keeping with more reader letter about
product complain and unfavorable that fast for giving response, answer, and solution
ingoing reader letters.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 18 Nov 2016 06:52 |
Last Modified: | 18 Nov 2016 06:52 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9080 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |