JOHANDA PURBA, ARFAN (2013) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAAN PELANGGAN (STUDI PADA KONSUMEN ANGKRING JENTIK YOGYAKARTA). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
Preview |
Text
Ringkasan.pdf Download (14kB) | Preview |
Abstract
Persaingan dalam bisnis kuliner di Yogyakarta akhir-akhir ini cukup
ketat. Salah satu langkah dalam memenangkan persaingan ini, adalah memberikan
kepuasan pada konsumen, termasuk pada konsumen Rumah makan Angkring
Jentik dengan cara meningkatkan bauran pemasaran melalui kualitas produk dan
kualitas pelayanan pelayanan. Berdasarkan fenomena tersebut maka penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan dari kualitas produk
dan kualitas pelayanan secara simultan dan parsial terhadap kepuasan pelanggan
Rumah Makan Angkring Jentik Yogyakarta. Populasi dalam pengertian ini adalah
konsumen/pelanggan di Angkring Jentik. Sampel yang diambil dalam penelitian
ini sebesar 30 orang dengan tehnik sampling yang digunakan metode sistematik
random sampling pada populasi yang tidak terbatas. Alat analisis dalam penelitian
ini adalah statistik deskriptif dan regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil penelitian ini terbukti, variabel kualitas produk secara
parsial berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Pengaruh variabel kualitas
produk terhadap kepuasan pelanggan adalah signifikan dimana probabilitas (p =
0,011) lebih kecil dari 0,05. Artinya semakin tinggi kualitas produk maka
kepuasan pelanggan juga akan tinggi, demikian pula sebaliknya jika semakin
rendah kualitas produk maka kepuasan pelanggan juga akan rendah Hasil kedua
menemukan bahwa variabel kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini dibuktikan dengan angka
probabilitas (p = 0,005) lebih kecil dari 0,05. Artinya semakin tinggi kualitas
pelayanan maka kepuasan pelanggan juga akan tinggi, demikian pula sebaliknya
jika semakin rendah kualitas pelayanan maka kepuasan pelanggan juga akan
rendah. Sedangkan hasil ketiga menunjukkan bahwa secara serentak terdapat
pengaruh variabel kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan
pelanggan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji F adalah sebesar 50,743 dan
probabilitas sebesar 0,000<0,05. Artinya kualitas produk dan kualitas pelayanan
merupakan faktor yang secara simultan mempengaruhi tinggi rendahnya kepuasan
pelanggan warung angkring Jentik.
Kata Kunci : kualitas produk, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 07:48 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 07:48 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8990 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |