CORNESA, BIBI (2013) PENGARUH KREDIBILITAS DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PELATIH KEBUGARAN DI KIRANA GYM CENTER JOGJA PLAZA HOTEL TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
Preview |
Text
ABSTRACT.pdf Download (27kB) | Preview |
Abstract
Pusat kebugaran sebagai perusahaan penyedia jasa dituntut untuk memiliki
pelatih kebugaran yang baik dalam memberikan layanan terhadap konsumen,
sehingga mereka merasa puas ketika berada di Gym Center tersebut. Dengan
kredibilitas dan kualitas yang dimiliki oleh seorang pelatih kebugaran jasmani,
maka akan mendukung target yang diharapkan oleh pelanggan atau konsumen
yang datang sehingga kepuasan akan muncul dari benak konsumen dan konsumen
akan merasa percaya terhadap pusat kebugaran tersebut dan akan terus loyal
terhadap Gym Center. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
kredibilitas dan komunikasi interpersonal pelatih kebugaran terhadap kepuasan
pelanggan di Kirana Gym Center di jogjakarta Plaza Hotel. Jenis dari penelitian
ini adalah kuantitatif dengan pendekatan survei.Teknik pengambilan sampel pada
penelitian ini adalah total sampling yaitu semua unsur populasi akan diambil
sebagai responden yang berjumlah 147 responden.Analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah analisis korelasi product moment dan analisis regresi
linier berganda.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Source
credibility theory (teori kredibilitas sumber) yang di kembangkan oleh Hovland
dan Kelly tahun 1953) dan teori model hubungan interpersonal yaitu model
pertukaran sosial.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai koefisien korelasi
antara variabel kredibilitas pelatih kebugaran dengan kepuasan pelanggan sebesar
0,417, signifikansi 0,000, hal ini berarti terdapat hubungan yang positif dan
signifikan antara variabel kredibilitas pelatih kebugaran dengan kepuasan
pelanggan dan tingkat keeratan antara kedua variabel masuk dalam kategori
sedang. Sedangkan nilai koefisien korelasi antara variabel komunikasi
interpersonal pelatih kebugaran dengan kepuasan pelanggan sebesar 0,572,
signifikansi 0,000, yang bahwaberarti terdapat hubungan yang positif dan
signifikan antara variabel komunikasi interpersonal pelatih kebugaran dengan
kepuasan pelanggan dan tingkat keeratan antara kedua variabel masuk dalam
kategori sedang. Hasil analisis regresi linier bergandai diperoleh hasil pengaruh
variabel kredibilitas trainner (X1) dan komuikasi interpersonal (X2) terhadap
kepuasan pelanggan (Y)sebesar 0,337 (33,7%) sedangkan sisanya sebesar 66,3%
(100% - 33,7%) dipengaruhi oleh variabel lain, diluar model yang diteliti.
Kata Kunci : Kredibilitas, Komunikasi Interpersonal, Kepuasan
Gym centers as service provider firms demanded to have good trainers for
serving the services to the visitors. Those trainers must be having good credibility
in facing and serving the visitors so they will feel satisfied when they are in that
Gym Center. Credibility and quality possessed by a gym trainer will support the
result target dreamt by the member or visitor. When the result target is fulfilled,
satisfaction will arise and come out from the visitors’ mind and this will improve
their trustworthiness and loyalty toward the gym. This research aims to know the
influence of credibility and interpersonal communication of a trainer toward the
satisfaction of Kirana Gym Center members in Jogjakarta Plaza Hotel. Type of this
research is quantitative within survey approach. Technique for sample collecting in
this research was total sampling, it meaned that all elements of the population
would be taken as respondents and they were 147 respondents in numbers. Data
analysis for this research was product moment correlation and double-linear
regression analysis. Theories for this research were Source credibility theory
developed by Hovland and Kelly in 1953 and model for interpersonal relationship
theory in the form of social exchange model. Result of the research obtaines
coeficient for correlation rate between variable of trainer credibility and members
satisfaction is 0.417 and significance is 0.000. This means that there is a positive
and significant relationship between variables of trainer credibility and members
satisfaction and the linkage for the two variables is in moderate category.
Meanwhile, the rate for coeficient of correlation between interpersonal trainer
communication variable and satisfaction of the members is 0.572 and significance
rate is 0.000 and this means that there is a positive and significant relationship
between variables of interpersonal trainer communication and members
satisfaction and level for the linkage of the two variables is in moderate category.
Result for double-linear regression analysis gains for result of the influence of
trainer credibility variable (X1) and interpersonal communication (X2) toward
members satisfaction (Y) is of 0.337 (33.7%) and the rest 66.3% (100% - 33.7%) is
influenced by other variables, out of the researched model.
Key Words: Credibility, Interpersonal Communication, Satisfaction
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 03:13 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 03:13 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8918 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |