CORNESA, BIBI (2013) PENGARUH KREDIBILITAS DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PELATIH KEBUGARAN DI KIRANA GYM CENTER JOGJA PLAZA HOTEL TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (27kB) | Preview |
Abstract
Pusat kebugaran sebagai perusahaan penyedia jasa dituntut untuk memiliki pelatih kebugaran yang baik dalam memberikan layanan terhadap konsumen, sehingga mereka merasa puas ketika berada di Gym Center tersebut. Dengan kredibilitas dan kualitas yang dimiliki oleh seorang pelatih kebugaran jasmani, maka akan mendukung target yang diharapkan oleh pelanggan atau konsumen yang datang sehingga kepuasan akan muncul dari benak konsumen dan konsumen akan merasa percaya terhadap pusat kebugaran tersebut dan akan terus loyal terhadap Gym Center. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kredibilitas dan komunikasi interpersonal pelatih kebugaran terhadap kepuasan pelanggan di Kirana Gym Center di jogjakarta Plaza Hotel. Jenis dari penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan survei.Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah total sampling yaitu semua unsur populasi akan diambil sebagai responden yang berjumlah 147 responden.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi product moment dan analisis regresi linier berganda.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Source credibility theory (teori kredibilitas sumber) yang di kembangkan oleh Hovland dan Kelly tahun 1953) dan teori model hubungan interpersonal yaitu model pertukaran sosial.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai koefisien korelasi antara variabel kredibilitas pelatih kebugaran dengan kepuasan pelanggan sebesar 0,417, signifikansi 0,000, hal ini berarti terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel kredibilitas pelatih kebugaran dengan kepuasan pelanggan dan tingkat keeratan antara kedua variabel masuk dalam kategori sedang. Sedangkan nilai koefisien korelasi antara variabel komunikasi interpersonal pelatih kebugaran dengan kepuasan pelanggan sebesar 0,572, signifikansi 0,000, yang bahwaberarti terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel komunikasi interpersonal pelatih kebugaran dengan kepuasan pelanggan dan tingkat keeratan antara kedua variabel masuk dalam kategori sedang. Hasil analisis regresi linier bergandai diperoleh hasil pengaruh variabel kredibilitas trainner (X1) dan komuikasi interpersonal (X2) terhadap kepuasan pelanggan (Y)sebesar 0,337 (33,7%) sedangkan sisanya sebesar 66,3% (100% - 33,7%) dipengaruhi oleh variabel lain, diluar model yang diteliti. Kata Kunci : Kredibilitas, Komunikasi Interpersonal, Kepuasan Gym centers as service provider firms demanded to have good trainers for serving the services to the visitors. Those trainers must be having good credibility in facing and serving the visitors so they will feel satisfied when they are in that Gym Center. Credibility and quality possessed by a gym trainer will support the result target dreamt by the member or visitor. When the result target is fulfilled, satisfaction will arise and come out from the visitors’ mind and this will improve their trustworthiness and loyalty toward the gym. This research aims to know the influence of credibility and interpersonal communication of a trainer toward the satisfaction of Kirana Gym Center members in Jogjakarta Plaza Hotel. Type of this research is quantitative within survey approach. Technique for sample collecting in this research was total sampling, it meaned that all elements of the population would be taken as respondents and they were 147 respondents in numbers. Data analysis for this research was product moment correlation and double-linear regression analysis. Theories for this research were Source credibility theory developed by Hovland and Kelly in 1953 and model for interpersonal relationship theory in the form of social exchange model. Result of the research obtaines coeficient for correlation rate between variable of trainer credibility and members satisfaction is 0.417 and significance is 0.000. This means that there is a positive and significant relationship between variables of trainer credibility and members satisfaction and the linkage for the two variables is in moderate category. Meanwhile, the rate for coeficient of correlation between interpersonal trainer communication variable and satisfaction of the members is 0.572 and significance rate is 0.000 and this means that there is a positive and significant relationship between variables of interpersonal trainer communication and members satisfaction and level for the linkage of the two variables is in moderate category. Result for double-linear regression analysis gains for result of the influence of trainer credibility variable (X1) and interpersonal communication (X2) toward members satisfaction (Y) is of 0.337 (33.7%) and the rest 66.3% (100% - 33.7%) is influenced by other variables, out of the researched model. Key Words: Credibility, Interpersonal Communication, Satisfaction
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 03:13 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 03:13 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8918 |
Actions (login required)
View Item |