PENGARUH TINGKAT PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TWITTER TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KOMUNIKASI PENYEWA STAND EVENT BAZAR JOGJASUMMIT

Paramitha, Hana (2013) PENGARUH TINGKAT PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TWITTER TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KOMUNIKASI PENYEWA STAND EVENT BAZAR JOGJASUMMIT. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[thumbnail of ABSTRACT print.pdf]
Preview
Text
ABSTRACT print.pdf

Download (7kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK print.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK print.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Twitter merupakan salah satu situs jejaring sosial yang telah mengubah
cara berkomunikasi. Perkembangan internet memunculkan situs jejaring sosial
yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk berkomunikasi secara
virtual. Penggunaan Media Social Twitter dapat mempengaruhi tingkat eksistensi
suatu event yang diselenggarakan. Hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk
membahas mengenai Apakah ada pengaruh Pengaruh Tingkat Penggunaan Media
Social Twitter terhadap tingkat Kepuasan Komunikasi Event Bazar Jogja Summit
yang merupakan perumusan masalah dalam penelitian ini. Teori yang digunakan
dalam penelitian ini adalah teori Teori Uses and Gratifications yang kemudian
disinergikan dengan Strategi Komunikasi Pemasaran. Metode penelitian yang
digunakan adalah penelitian survei. Data hasil penelitian dianalisis dengan
product moment, regresi linier sederhana, dan pengujian signifikasi, serta
dikerjakan dengan menggunakan program SPSS versi 13 for windows. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, studi kepustakaan,
interview, dan observasi. Penelitian dilakukan dengan mengambil responden
followers yang menyewa stand yang mengetahui informasi melalui Twitter.
Berdasarkan hasil penelitian dari analisis product moment maupun analisis regresi
diketahui R square sebesar 0,571 sehingga ada hubungan antara Tingkat
Penggunaan Media Sosial terhadap Tingkat Kepuasan Komunikasi Event Bazar
Jogja Summit yang berpengaruh positif dan signifikan. Diperoleh nilai koefisien
regresi untuk variabel X sebesar 0.229 dengan konstanta sebesar 2.751. Sehingga
ada pengaruh antara X terhadap Y untuk setiap terjadi perubahan satu satuan
angka. Tingkat hubungan Tingkat Penggunaan Media Sosial yang terdiri dari
Jumlah tweets dimulai dari rekruitmen booth sampai dengan akhir acara, Jumlah
followers akun twitter penyelenggara, dan Jumlah mention yang diterima selama
penyelenggaraan event terhadap Tingkat Kepuasan Komunikasi Event Bazar Jogja
Summit adalah sedang dan Tingkat Kepuasan Komunikasi Event Bazar Jogja
Summit dipengaruhi oleh Tingkat Penggunaan Media Sosial sebesar 57,1% yang
terdiri Jumlah tweets dimulai dari rekruitmen booth sampai dengan akhir acara,
Jumlah followers akun twitter penyelenggara, dan Jumlah mention yang diterima
selama penyelenggaraan event sedangkan 42,9% dipengaruhi oleh faktor lain
seperti budaya, proses adaptasi, kebiasaan, dan norma-norma.

Twitter is one of a social networking site that have change the way to
communicate. The development of internet raise social networking site which
have aim to fulfill human needs of virtual communication. The use of Twitter
fiture in social media can influence the stage of an event existence. This things
make the researcher interested to discuss about are there any influence of the use
of Twitter fiture in social media to the stage of communication satisfaction of
Jogja Summit Bazar Event which is the problem formulation of this research.
Theory applied in this research is model theory of Uses and Gratifications. This
theory also sinergyzed with the Marketing Communication Strategy. Research
method applied is survey research. Data resulted from research analysed with
product moment, simple linear regression, and significance testing, and also done
by using SPSS program version of 13 for Windows. Data collecting technique
applied is questionnaire, bibliography, interview, and observation. Research done
by taking the active followers that rent stand for the event through twitter. Based
on reliabilitity and validity test, all data is expressed valid. The research results by
using product moment, it is known that R square equal to 0.571 so that there is
relation between X and Y having a positive and significant effect. It is obtained
that regression coefficient for variable X equal to 0.229 with constant equal to
2.751. So that there is influence from X on Y for every change happened of one
numeral. Relation level of the use of twitter fiture in social media is medium and
the ciggaretes the stage of communication satisfaction of Jogja Summit Bazar
Event is influenced equal to 57.1% while 42.9% influenced by other factor.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 17 Nov 2016 02:31
Last Modified: 17 Nov 2016 02:31
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8915

Actions (login required)

View Item View Item