STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KAB. SLEMAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH WISATAWAN (Studi Deskriptif Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Sleman Pasca Erupsi Merapi)

MALAU, HARRY (2013) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KAB. SLEMAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH WISATAWAN (Studi Deskriptif Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Sleman Pasca Erupsi Merapi). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Pariwisata merupakan aset penting yang dimiliki oleh suatu daerah. Kabuapten Sleman memiliki objek-objek wisata yang perlu diinformasikan kepada masayarakat. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman merupakan instansi yang bergerak di bidang kepariwisataan mempunyai tugas untuk memasarakan potensi pariwisata yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran pariwisata, hambatan-hambatan yang dihadapi serta perilaku organisasi bidang pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman. Teori yang digunakan teori pemasaran sosial. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang mendeskripsikan aktivitas komunikasi pemasaran pariwisata di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisis data penelitian ini menggunakan model analisis interaktif dimana peneliti terus bergerak saat pengumpulan dan pengolahan data. Hasil penelitian menemukan kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dengan menggunakan bauran komunikasi pemasaran yaitu periklanan, promosi penjualan, pameran, travel dialog, famtrip, event, publikasi dan humas serta marketing via internet. Dalam menjalankan aktivitas komunikasi pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata lebih banyak menggunakan strategi travel dialog, famtrip dan marketing via internet. Kegiatan komunikasi pemasaran pariwisata telah direncanakan dan dilaksanakan dengan baik sehingga menimbulkan dampak positif bagi pariwisata kabupaten Sleman. Selain berhasil meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan juga memberikan dampak positif bagi citra pariwisata kabupaten Sleman.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 16 Nov 2016 04:36
Last Modified: 16 Nov 2016 04:36
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8867

Actions (login required)

View Item View Item