ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN PRODUK TOP COFFEE VERSI “IWAN FALS” PADA MEDIA TELEVISI DILIHAT DARI KONSEP AIDA (Studi Pada Masyarakat Yogyakarta Yang Pernah Melihat Iklan Produk TOP Coffee di Media Televisi)

Setyawan, Herfandi (2015) ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN PRODUK TOP COFFEE VERSI “IWAN FALS” PADA MEDIA TELEVISI DILIHAT DARI KONSEP AIDA (Studi Pada Masyarakat Yogyakarta Yang Pernah Melihat Iklan Produk TOP Coffee di Media Televisi). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

Periklanan merupakan sebuah salah satu cara yang digunakan perusahaan untuk mempromosikan dan memperkenalkan produk-produk perusahaan ke khalayak luas, bahkan beberapa perusahaan menggunakan iklan itu sendiri untuk membentuk persepsi dan branding perusahaannya kepada konsumen, salah satu media periklanan yang kebanyakan digunakan oleh perusahaan ialah media televisi. Perusahaan yang saat ini sedang gencar melakukan promosi menggunakan media televisi adalah PT Harum Alam Segar produsen produk TOP Coffee, karena merupakan produk baru tujuan dari iklan TOP Coffee sendiri ialah Periklanan Informatif (member informasi) dan Persuasif (membujuk). Dari masalah tersebut peneliti bermaksud untuk meneliti apakah beriklan pada media televisi efektif, untuk itu peneliti mengambil judul “Analisis Efektivitas Iklan Produk TOP Coffee Versi “IWAN FALS” Pada Media Televisi Dilihat Dari Konsep AIDA”. Yang menjadi Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di kota Yogyakarta dengan karakteristik rentang usia ≥ 17 tahun yang pernah melihat iklan produk TOP Coffee pada media televisi. Jumlah sampel yang telah diketahui secara pasti berdasarkan rumus yang diajukan yakni sebesar 100 responden. Hasil penelitian ini untuk rata-rata dari setiap hirarki variabel AIDA yaitu attention, Interest, desire berada pada rentang skala efektif untuk menumbuhkan perhatian, ketertarikan dan keinginan konsumen terhadap produk TOP Coffee, namun pada tahap akhir action hasilnya berbeda pada tahap yang lainnya yaitu berada pada rentang skala cukup efektif untuk itu dapat diketahuin bahwa pada tahap action iklan TOP Coffee masih belum terlalu maksimal untuk mempengaruhi keseluruhan responden untuk membeli. Untuk hasil rata-rata dari keseluruhan AIDA berada pada rentang skala “Efektif”, menunjukan bahwa iklan produk TOP Coffee pada media televisi yang dilihat dari sudut pandang AIDA dinilai “Efektif” yang ditandai bahwa pada tahap akhir sudah ada tindakan pembelian. Saran dari penelitian ini untuk perusahaan adalah pada tahapan AIDA iklan produk TOP Coffee sudah efektif. Akan tetapi pada tahap action (tindakan) iklan produk TOP Coffee masih belum begitu maksimal karena masih dalam rentang skala cukup efektif. Oleh karena itu penulis menyarankan sebaiknya iklan produk TOP Coffee pada media televisi lebih mengutamakan menonjolkan informasi pada penguatan karakter dari produk TOP Coffee itu sendiri sehingga konsumen bisa mengetahui ciri khas dan image dari produk itu yaitu produk yang mengabungkan 2 jenis kopi yang berbeda dari yang lain, Sedangkan untuk pemilihan bintang iklan/endors sebaiknya perusahaan mengandeng artis atau tokoh indonesia yang setara dengan Iwan Fals yang memiliki fans cukup banyak sehingga dampak dari segi persuasive bisa didapat. Kata kunci: Efektivitas, Iklan Televisi, Konsep AIDA

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 08 Nov 2016 07:44
Last Modified: 08 Nov 2016 07:44
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8571

Actions (login required)

View Item View Item