DIN, NURUT (2015) ANALISIS LOYALITAS MEREK TERHADAP KOPI KAPAL API ( Studi pada konsumen Kopi Kapal Api di kafe daerah Seturan, Caturtunggal, Sleman, Yogyakarta). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
Preview |
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (85kB) | Preview |
Abstract
Fenomena persaingan yang ada dalam era globalisasi akan semakin
mengarahkan sistem perekonomian di Indonesia ke mekanisme pasar yang
memposisikan pemasar untuk selalu mengembangkan dan merebut market share
(pangsa pasar). Bila loyalitas pelanggan terhadap suatu merek meningkat, kerentanan
kelompok pelanggan tersebut dari ancaman dan serangan merek produk pesaing dapat
dikurangi.Dengan demikian, Loyalitas Merek merupakan satu indikator inti dari
Brand equity yang jelas terkait dengan peluang penjualan, yang berarti pula jaminan
perolehan laba perusahaan dimasa mendatang. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui seberapa besar loyalitas konsumen terhadap kopi kapal api pada kafekafe
di daerah seturan baik pada masing-masing kafe maupun secara keseluruhannya.
Jenis penelitian adalah deskriptif, dengan ruang lingkup penelitian adalah
yang sedang mengkonsumsi kopi kapal api di kafe yang terdapat di daerah Seturan,
Caturtunggal, Sleman, Yogyakarta. Sumber data adalah data primer dengan metode
pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner.Teknik pengambilan sampel
dalam penelitian ini menggunakan gabungan dari sampling incidental dan porpusive
sampling dan diperoleh 96 orang sebagai responden penelitian. Uji validitas dan
reabilitas digunakan untuk menguji instrumen penelitian, dan analisis aritmetic mean
digunakan untuk penilaian Loyalitas Merek kopi Kapal Api. Penelitian ini dilakukan
di 4 kafe yang menjual kopi merek Kapal api di daerah seturan, Caturtunggal,
Sleman, Yogyakarta. Tingkat loyalitas merek dari masing-masing lokasi kafe yang
diteliti memiliki tingkat loyalitas merek yang berbeda-beda, pada lincak kafe berada
pada kategori Habitual Buyer, Krinkjo berada pada kategori Habitual Buyer, Mato
kafe berada pada kategori Likes Brand, dan Kedai 24 berada pada kategori Satisfied
buyer.
Tingkat loyalitas merek kopi kapal api di kafe daerah seturan, Caturtunggal,
Sleman, Yogyakarta berada pada indikator Switcher dengan nilai rata-rata sebesar
3,33. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa kopi merek Kapal Api di daerah
Seturan, Caturtunggal, Sleman, Yogyakarta memiliki Brand Equity yang rendah.
Perusahaan harus lebih melakukan inovasi-inovasi terhadap komposisi yang pas,
sehingga dapat tercipta kepuasan konsumen dan loyalitas merek terhadap kopi Kapal
Api.Sehingga dapat sesuai dengan teori Durianto (2001) yaitu bila loyalitas merek
suatu produk tinggi berarti brand equity tersebut kuat.
Kata Kunci : Produk, Analisis Aritmatic Mean, Loyalitas Merek
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 08 Nov 2016 06:21 |
Last Modified: | 08 Nov 2016 06:21 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8557 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |