PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN (Studi Pada Konsumen Bakpia Pathuk “25” Yogyakarta)

ANGGUN PUSPONEGORO, ELNA (2015) PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN (Studi Pada Konsumen Bakpia Pathuk “25” Yogyakarta). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
abstraksi.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh yang signifikan dari kualitas produk terhadap kepuasan konsumen Bakpia Pathuk “25”. 2) pengaruh yang signifikan dari kepuasan konsumen terhadap kepercayaan konsumen Bakpia Pathuk “25”. 3) pengaruh yang signifikan dari kualitas produk terhadap kepercayaan konsumen Bakpia Pathuk “25”. 4) pengaruh tidak langsung yang signifikan dari kualitas produk terhadap kepercayaan konsumen melalui kepuasan konsumen Bakpia Pathuk “25” Variabel penelitian ini terdiri dari kualitas produk, kepuasan konsumen dan kepercayaan konsumen. Obyek penelitian yang diambil adalah konsumen Bakpia Pathuk “25” dengan persyaratan telah melakukan pembelian produk bakpia lebih dari satu kali pembelian. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer. Penelitian ini menggunakan tipe explanatory research. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket). Populasinya adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian produk bakpia yang berjumlah 2400 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah metode purposive sampling yaitu penarikan sampel secara purposive yang dilakukan dengan cara memilih subjek berdasarkan kriteria spesifik yang ditetapkan oleh peneliti. Berdasarkan teknik ini, diperoleh sampel penelitian sejunlah 96 orang. Analisis data penelitian meliputi analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan analisis jalur beserta pengujian asumsi klasik sebelum dilakukan analisis data. Berdasarkan hasil analisis data terdapat pengaruh dari variabel kualitas produk terhadap kepuasan konsumen. Pengaruh variabel kualitas produk terhadap kepuasan konsumen adalah signifikan dengan besarnya koefisien determinasi (R square) 0,485 dapat diartikan bahwa kepuasan konsumen dipengaruhi oleh kualitas produk sebesar 48,5% dan thitung sebesar 9,415 serta probabilitas (p = 0,000) lebih kecil dari 0,05. Artinya semakin tinggi kualitas produk maka kepuasan konsumen juga akan tinggi, begitu pula sebaliknya jika semakin rendah kualitas produk maka kepuasan konsumen juga akan rendah. Hipotesis 2 terdapat pengaruh secara signifikan dari variabel kepuasan konsumen terhadap kepercayaan konsumen dengan besarnya koefisien determinasi (R square) 0,610 yang berarti kepercayaan konsumen dipengaruhi oleh kepuasan konsumen sebesar 61,0% dan nilai thtung sebesar 12,123 serta dibuktikan dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 yang berarti 0,000<0,05. Artinya semakin besar kepuasan konsumen maka kepercayaan konsumen juga akan besar, begitu pula sebaliknya jika semakin rendah kepercayaan konumen maka kepercayaan konsumen juga akan rendah. Hipotesis 3 terdapat pengaruh secara signifikan dari variabel kualitas produk terhadap kepercayaan konsumen dengan besarnya R square 0,463 yang berarti kualitas produk mempengaruhi kepercayaan konsumen sebesar 46,3% dan nilai thitung sebesar 9,001 serta dibuktikan dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 yang berarti 0,000<0,05. Artinya semakin tinggi kualitas produk maka kepercayaan konsumen akan tinggi, begitu pula sebaliknya jika semakin rendah kualitas produk maka kepercayaan konsumen juga akan rendah. Hipotesis 4 terdapat pengaruh tidak langsung secara signifikan kualitas produk terhadap kepercayaan konsumen melalui kepuasan konsumen dengan membandingkan nilai thitungdan ttabel pada tingkat signifikasi 5%. Berdasarkan hasil regresi linear sederhana diperoleh thitungsebesar 9,415 dan thitung> ttabel maka dapat dinyatakan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, selanjutnya berdasarkan hasil regresi linear sederhana diperoleh nilai thitung sebesar 12,123 dan thitung>ttabel maka dapat dinyatakan bahwa wariabel kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan konsumen. Hal ini menunjukkan adaya pengaruh tidak langsung kualitas produk terhadap kepercayaan konsumen melalui kepuasan konsumen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 08 Nov 2016 04:48
Last Modified: 08 Nov 2016 04:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8550

Actions (login required)

View Item View Item