VALENTINE, LAYANA (2013) ANALISIS SWOT MENGENAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG PADA GEMBIRA LOKA ZOO YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
abstrak.pdf Download (160kB) | Preview |
Preview |
Text
tanda tangan.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Agar Gembira Loka Zoo dapat bersaing dengan tempat-tempat wisata
lainnya di Indonesia khususnya di Yogyakarta dalam menarik pengunjung maka
diperlukan inovasi maupun kreasi dari pihak manajemen atau pengelola kebun
binatang. Salah satu strategi yang dapat diterapkan yaitu Strategi komunikasi
pemasaran. Berdasarkan permasalahan-permasalahan yang telah diuraikan di atas,
maka penelitian ini bertujuan: pertama, untuk mengetahui Strategi komunikasi
pemasaran Gembira Loka Zoo Yogyakarta dalam upaya meningkatkan jumlah
pengunjungnya. Kedua, untuk mengetahui analisis SWOT dari Strategi
komunikasi pemasaran Gembira Loka Zoo Yogyakarta dalam upaya
meningkatkan jumlah pengunjungnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian
deskriptif kualitatif, penelitian deskriptif bertujuan menggambarkan situasi atau
kejadian. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini
adalah melalui wawancara atau interview. Teknik keabsahan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber data. Berdasarkan hasil penelitian
dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa, dalam meningkatkan jumlah
pengunjung, Gembira Loka Zoo menerapkan 11 strategi komunikasi pemasaran
yang terdiri dari segmentasi pasar, target pasar, positioning, brand name, brand
image, riset pemasaran, pelayanan, efektifitas dan efisiensi program yang sudah
dijalankan, program yang dapat menunjang promosi, promosi, dan menjaga relasi.
Kesebelas strategi tersebut termasuk dalam kegiatan analisis dan bauran
pemasaran. Sehingga Gembira Loka Zoo melakukan dua strategi pemasaran yaitu
analisis dan bauran pemasaran. Hasil analisis swot atas strategi komunikasi
pemasaran menunjukkan bahwa Gembira Loka Zoo memiliki koleksi satwa yang
cukup lengkap dan dilengkapi dengan sarana rekreasi, edukasi, dan konser yang
menjadi faktor kekuatan apabila dibandingkan kebun binatang yang lain. Akan
tetapi terdapat kelemahan yang dimiliki Gembira Loka Zoo yaitu tidak
terdapatnya lahan parkir yang cukup luas dan mengakibatkan keresahan pada
pengunjung terutama pada keamanan kendaraan bermotornya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 08 Nov 2016 03:52 |
Last Modified: | 08 Nov 2016 03:52 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8523 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |