ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP PRODUK RAMAH LINGKUNGAN (GREEN PRODUCT) DAN PRODUK TIDAK RAMAH LINGKUNGAN (NON GREEN PRODUCT) (Studi pada mahasiswa Administrasi Bisnis UPN “Veteran” Yogyakarta angkatan 2011-2013)

KURNIASARI HARJOKO, DEVICA (2015) ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP PRODUK RAMAH LINGKUNGAN (GREEN PRODUCT) DAN PRODUK TIDAK RAMAH LINGKUNGAN (NON GREEN PRODUCT) (Studi pada mahasiswa Administrasi Bisnis UPN “Veteran” Yogyakarta angkatan 2011-2013). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
abstraksi.pdf

Download (127kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang penelitian ini munculnya isu keamanan dan kesehatan lingkungan, adanya gerakan go green, gaya hidup back to nature dan adanya edukasi kesehatan lingkungan yang memunculkan produk hijau, dimana di Indonesia baik pemerintah maupun swasta turut mendukung gerakan go green untuk membentuk sikap posititf terhadap go green. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah perbandingan sikap konsumen terhadap produk ramah lingkungan (green product) dan produk tidak ramah lingkungan (non green product). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan sikap konsumen terhadap produk ramah lingkungan (green product) dan produk tidak ramah lingkungan (non green product). Jenis penelitian ini menggunakan metode survey dengan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Adapun populasinya mahasiswa Administrasi Bisnis UPN “Veteran” Yogyakarta, untuk sampelnya angkatan 2011-2013. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah menggunakan teknik accidental sampling. Alat analisis dalam penelitian ini adalah analisis sikap Fishbein yang digunakan untuk mengetahui perbandingan sikap konsumen terhadap produk ramah lingkungan (green product) dan produk tidak ramah lingkungan (non green product). Berdasarkan hasil analisis dapat terlihat bahwa konsumen memberikan sikap netral terhadap atribut desain dan memberi sikap positif terhadap atribut-kualitas, ciri, dan jaminan dari Green Product. Sikap konsumen negatif terhadap atribut ciri, desain dan jaminan Non Green Product dan netral terhadap atribut kualitas. Sikap Konsumen terhadap Green Product adalah positif atau setuju yaitu sebesar 68, sedangkan sikap konsumen terhadap Non Green Product negatif atau tidak setuju, yaitu sebesar 36. Saran yang diberikan kepada green product harus mampu mempertahankan atau bahkan meningkatkan sikap positif ini. Sedang untuk atribut desain yang masih mendapat sikap netral, maka desain pada Green Product harus diperbaiki agar sikap kosumen berubah menjadi positif. Sedangkan pada non green product semua atribut harus diperbaiki agar sikap konsumen tidak negatif. Kata kunci : Sikap konsumen, atribut produk

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 08 Nov 2016 03:43
Last Modified: 08 Nov 2016 03:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8520

Actions (login required)

View Item View Item