ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP PRODUK RAMAH LINGKUNGAN (GREEN PRODUCT) DAN PRODUK TIDAK RAMAH LINGKUNGAN (NON GREEN PRODUCT) (Studi pada mahasiswa Administrasi Bisnis UPN “Veteran” Yogyakarta angkatan 2011-2013)

KURNIASARI HARJOKO, DEVICA (2015) ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP PRODUK RAMAH LINGKUNGAN (GREEN PRODUCT) DAN PRODUK TIDAK RAMAH LINGKUNGAN (NON GREEN PRODUCT) (Studi pada mahasiswa Administrasi Bisnis UPN “Veteran” Yogyakarta angkatan 2011-2013). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[thumbnail of abstraksi.pdf]
Preview
Text
abstraksi.pdf

Download (127kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang penelitian ini munculnya isu keamanan dan kesehatan
lingkungan, adanya gerakan go green, gaya hidup back to nature dan adanya
edukasi kesehatan lingkungan yang memunculkan produk hijau, dimana di
Indonesia baik pemerintah maupun swasta turut mendukung gerakan go green
untuk membentuk sikap posititf terhadap go green. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah bagaimanakah perbandingan sikap konsumen terhadap
produk ramah lingkungan (green product) dan produk tidak ramah lingkungan
(non green product). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan sikap
konsumen terhadap produk ramah lingkungan (green product) dan produk tidak
ramah lingkungan (non green product). Jenis penelitian ini menggunakan metode
survey dengan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Adapun populasinya
mahasiswa Administrasi Bisnis UPN “Veteran” Yogyakarta, untuk sampelnya
angkatan 2011-2013. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
menggunakan teknik accidental sampling. Alat analisis dalam penelitian ini
adalah analisis sikap Fishbein yang digunakan untuk mengetahui perbandingan
sikap konsumen terhadap produk ramah lingkungan (green product) dan produk
tidak ramah lingkungan (non green product). Berdasarkan hasil analisis dapat
terlihat bahwa konsumen memberikan sikap netral terhadap atribut desain dan
memberi sikap positif terhadap atribut-kualitas, ciri, dan jaminan dari Green
Product. Sikap konsumen negatif terhadap atribut ciri, desain dan jaminan Non
Green Product dan netral terhadap atribut kualitas. Sikap Konsumen terhadap
Green Product adalah positif atau setuju yaitu sebesar 68, sedangkan sikap
konsumen terhadap Non Green Product negatif atau tidak setuju, yaitu sebesar 36.
Saran yang diberikan kepada green product harus mampu mempertahankan atau
bahkan meningkatkan sikap positif ini. Sedang untuk atribut desain yang masih
mendapat sikap netral, maka desain pada Green Product harus diperbaiki agar
sikap kosumen berubah menjadi positif. Sedangkan pada non green product
semua atribut harus diperbaiki agar sikap konsumen tidak negatif.
Kata kunci : Sikap konsumen, atribut produk

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 08 Nov 2016 03:43
Last Modified: 08 Nov 2016 03:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8520

Actions (login required)

View Item View Item