PENGARUH MOTIVASI TERHADAP MINAT MAHASISWA AKUNTANSI UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPA)

Widiastuti, Sri Wahyuni and Suryaningsum, Sri (2005) PENGARUH MOTIVASI TERHADAP MINAT MAHASISWA AKUNTANSI UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPA). Jurnal Akuntansi & Manajemen. ISSN 0853-1259

[thumbnail of PENGARUH MOTIVASI TERHADAP MINAT MAHASISWA AKUNTANSI UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPA).pdf]
Preview
Text
PENGARUH MOTIVASI TERHADAP MINAT MAHASISWA AKUNTANSI UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPA).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah motivasi
mempengaruhi mahasiswa akuntansi untuk mengikuti
PPA dan untuk mengetahui apakah ada perbedaan
minat antara mahasiswa tingkat awal dan mahasiswa
tingkat akhir untuk mengikuti PPA. Ada lima hipotesis
yang diajukan, hipotesis pertama sampai empat diuji
dengan regresi sedangkan hipotesis kelima diuji dengan
t-test dari dua kelompok sampel saling bebas (independent
t-test) dengan tingkat kepercayaan 95% (a =
0.05).
Hasil penelitian ini mempunyai beberapa
implikasi untuk berbagai pihak yang terkait dengan PPA.
Berdasarkan temuan yang diperoleh pada penelitian
ini, variabel motivasi karir merupakan faktor yang paling
signifikan mempengaruhi minat mahasiswa untuk
mengikuti PPA, sedangkan untuk motivasi kualitas dan
motivasi ekonomi tidak signifikan mempengaruhi minat
untuk mengikuti PPA, padahal PPA diselenggarakan
dengan tujuan untuk dapat meningkatkan kualitas
seorang akuntan yang menguasai dan mempunyai
keahlian dalam bidang akuntansi dan juga dapat
meningkatkan pendapatan seseorang pada saat bekerja
karena dianggap bahwa setelah lulus PPA seseorang
dapat bekerja di kantor akuntan publik yang diharapkan
dapat menghasilkan pendapatan yang banyak. Ada
perbedaan minat antara mahasisiwa tingkat awal dan
mahasiswa tingkat akhir. Hal ini disebabkan karena
mahasiswa tingkat awal masih belum mengenal atau
memahami arti penting PPA dan apa yang akan
didapatkan dari mengikuti PPA, sedangkan mahasiswa
tingkat akhir telah mengerti tentang PPA sehingga
mempengaruhi minat untuk mengikuti PPA, walaupun
sebetulnya hal ini tidak perlu terjadi jika seandainya
waktu menempuh matakuliah Akuntansi Pengantar
sudah dikenalkan dengan profesi akuntan.

Kata kunci: motivasi, Pendidikan Profesi Akuntan,
minat.

Item Type: Article
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Dr.SE.M.Si SRI SURYANINGSUM
Date Deposited: 18 Nov 2016 03:48
Last Modified: 18 Nov 2016 03:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8506

Actions (login required)

View Item View Item