PENGARUH SOSIALISASI HIJAB SYAR’I MELALUI JEJARING SOSIAL TERHADAP PERUBAHAN SIKAP REMAJA MUSLIMAH DALAM BERPAKAIAN

Puspita Dewi, Elisya (2015) PENGARUH SOSIALISASI HIJAB SYAR’I MELALUI JEJARING SOSIAL TERHADAP PERUBAHAN SIKAP REMAJA MUSLIMAH DALAM BERPAKAIAN. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

Cepatnya perubahan yang terjadi dalam dunia teknologi ternyata juga turut mempengaruhi adanya perubahan cara komunikasi. Kehadiran jejaring sosial yang merupakan salah satu bagian dalam perubahan dalam berkomunikasi, memberikan porsi yang cukup besar saat ini. Tingginya minat masyarakat Indonesia akan penggunaan situs jejaring sosial facebook dan twitter digunakan oleh sebagian orang untuk media mensosialisasikan hijab syar‟i melalui akun-akun mereka, diantaranya, Kartun Muslimah, @PeduliJilbab, @UmmuAlila dan @Benefiko. Rumusan masalah dari penelitian ini untuk melihat pengaruh dari sosialisasi hijab syar‟i melalui jejaring sosial terhadap perubahan sikap remaja muslimah dalam berpakaian, dan apakah ada faktor lain yang turut mempengaruhi perubahan sikap tersebut. Teori yang digunakan adalah Computer-Mediated-Communication (CMC) dan teori respon kognitif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yang menggunakan metode survei dan menyebarkan kuesioner secara online kepada 100 orang responden. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling insidental. Penelitian ini menggunakan statistik untuk menguji pengaruh sosialisasi hijab syar‟i melalui jejaring sosial sebagai variabel bebas, terhadap perubahan sikap remaja muslimah dalam berpakaian sebagai variabel terikat, dengan peranan orangtua sebagai variabel antara. Hasil penelitian ini menunjukkan hipotesis alternatif pertama dan kedua terbukti, hal ini berarti terdapat pengaruh yang positif dari sosialisasi hijab syar‟i melalui jejaring sosial dan adanya peranan orangtua terhadap perubahan sikap remaja muslimah dalam berpakaian. Kata Kunci : hijab syar‟i, peranan orangtua, perubahan sikap, remaja, sosialisasi A rapid changes taking places in the technology also has an affect in the way of communication. Nowadays, the attendance of social network give a large enough portion, in part of the communication change. The high interest from Indonesian to use a social network sites, such as facebook and twitter, are used by some people as their media to socialize hijab syar‟i through their accounts, namely Kartun Muslimah, @PeduliJilbab, @UmmuAlila, and @Benefiko. Formulation of the problem of this study is to see the effect of socialization hijab syar‟i through social networking to change the attitude of a muslim teenager in dress, and is there any other factor that will give an influence to their attitude. The theory that used in this research is Computer-Mediated-Communication (CMC) and cognitive response theory. The type of research is quantitative with survey method and using an online questionnaire to 100 respondents, and used the incidental sampling technique. Statistics is used to examine the effect of socialization hijab syar'i through social network as an independent variable, to change attitude of muslim teenager in dressed as a dependent variable, and parents role as an intervening variable. The results from this research is indicate that the first and second alternate hypothesis is proven, it means that there is a positive influence from socialization of hijab syar'i through social network and the role of the parents to change the attitude of a muslim teenager in dressed. Keywords : Change in attitude, Hijab syar‟i, Parent‟s role, Socialization

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 07 Nov 2016 08:59
Last Modified: 07 Nov 2016 08:59
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8497

Actions (login required)

View Item View Item