STUDI DESKRIPTIF PEMANFAATAN MEDIA ONLINE OLEH HIJABERS COMMUNITY YOGYAKARTA DALAM PENGEMBANGAN FASHION BUSANA MUSLIMAH

RITRIA KUSUMANDARI, NUNGKI (2013) STUDI DESKRIPTIF PEMANFAATAN MEDIA ONLINE OLEH HIJABERS COMMUNITY YOGYAKARTA DALAM PENGEMBANGAN FASHION BUSANA MUSLIMAH. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Busana dikatakan mampu menggambarkan identitas seseorang. Busana
merupakan komunikasi, yaitu bahwa dengan melihat cara seseorang berbusana dapat
menunjukkan pribadi dari orang tersebut, baik dari sisi religiusitas, formal, eksentrik
maupun fashionable. Sebagai bangsa yang berbudaya dan merupakan salah satu
Negara dengan penduduk yang mayoritas terbesar memeluk agama Islam, busana
muslim memiliki nilai tersendiri dalam pandangan masyarakat. Dengan didasarkan
pada kebutuhan akan busana muslim yang nyaman untuk dipakai dan sesuai dengan
perkembangan masyarakat modern, komunitas wanita muslimah yang menamakan
diri mereka Hijabers Community menerapkan sebuah konsep berpakaian muslimah
modern yang disebut Hijab. Pengembangan fashion muslimah atau hijab itu sendiri
disampaikan melalui media yang dianggap mampu menjangkau khalayak secara
intens dan mudah diterima. Media baru seperti internet merupakan jembatan
penghubung yang dinilai lebih efektif, cepat dan mudah diterima oleh masyarakat.
Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan bagaimana media online
berfungsi sebagai media perantara bagi komunitas Hijabers dalam mengembangkan
fashion berbusana muslimah yang modern namun tetap pada syariah Islam. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif
kualitatif dengan teknik analisis data kualitatif. Tekhnik pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara secara mendalam dengan ketua
umum Hijabers Community Yogyakarta, anggota komite Hijabrs Community
Yogyakarta dan masyarakat umum, serta dengan melakukan observasi langsung dan
mengumpulkan data-data lain dari Hijabers Community Yogyakarta dan media online
sebagai pelengkap. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media
online oleh Hijabers Community Yogyakarta meliputi Twitter, Facebook, Blog dan
Blackberry messenger sebagai pusat informasi dan penyebaran pesan. Dari media
online tersebut, penggunaan twitter sekaligus facebook dan blackberry messenger
dianggap paling efektif dan aktif. Sedangkan yang paling dianggap menarik oleh
khalayak yaitu content gambar dan video yang diunggah pribadi oleh para anggota
Hijabers Community melalui youtube dan instagram. Dalam pelaksanaan
pemanfaatan media online masih menemui beberapa kendala seperti kesibukkan dari
para anggota Hijabers itu sendiri, sehingga aktifitas yang dilakukan melalui media
online hanya gencar dilakukan saat akan diadakan kegiatan saja. Permasalahan itu
yang menjadikan pemanfaatan dari media online menjadi kurang optimal

Kata kunci : Media Online, Komunitas, Fashion

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 07 Nov 2016 02:47
Last Modified: 07 Nov 2016 02:47
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8428

Actions (login required)

View Item View Item