PENGARUH KOMPETENSI DAN KINERJA TENAGA PENDIDIK TERHADAP PEMBENTUKAN CALON PERWIRA PROFESIONAL DI AKADEMI MILITER MAGELANG

NURHANDAYANTI, AGUSTIN (2013) PENGARUH KOMPETENSI DAN KINERJA TENAGA PENDIDIK TERHADAP PEMBENTUKAN CALON PERWIRA PROFESIONAL DI AKADEMI MILITER MAGELANG. Masters thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
3. Abstraksi.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Tentang Pengaruh Kompetensi dan Kinerja Tenaga Pendidik terhadap Pembentukan Calon Perwira Profesional di Akademi Militer Magelang”. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel kompetensi tenaga pendidik dan kinerja tenaga pendidik secara bersama terhadap pembentukan calon Perwira Profesional. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel kompetensi tenaga pendidik secara parsial terhadap pembentukan calon Perwira Profesional. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel kinerja tenaga pendidik parsial terhadap pembentukan calon Perwira Profesional. Untuk mengetahui dan menganalisis variabel mana yang dominan pengaruhnya terhadap pembentukan calon Perwira Profesional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Variabel kompetensi (X1) mempunyai t hitung sebesar 1,581 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,118 yang lebih besar dari  (0,118 > 0,050). Ini berarti bahwa kompetensi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap pembentukan calon perwira profesional. Dengan demikian hipotesis kedua yang menyatakan variabel kompetensi tenaga pendidik secara parsial berpengaruh signifikan terhadap pembentukan Perwira yang Profesional tidak didukung. Variabel kinerja tenaga pendidik (X2) mempunyai t hitung sebesar 4,608 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari  (0,000 < 0,050). Ini berarti bahwa kinerja tenaga pendidik secara parsial berpengaruh signifikan terhadap pembentukan calon perwira profesional. Dengan demikian hipotesis ketiga yang menyatakan Variabel kinerja tenaga pendidik parsial berpengaruh signifikan terhadap pembentukan Perwira Profesional didukung. Untuk menjawab variabel bebas yang berpengaruh dominan terhadap variabel terikat digunakan koefisien  (standardized coefficient beta) dari variabel bebas. Koefisien beta variabel kompetensi (X1) = 0,194. Variabel kompetensi (X1) mempunyai koefisien beta sebesar 0,194 sehingga pengaruh variabel kompetensi (X1) terhadap pembentukan calon perwira profesional (Y) adalah sebesar 0,194 atau 19,4%.Koefisien beta variabel kinerja tenaga pendidik (X2) = 0,567. Variabel kinerja tenaga pendidik (X2) mempunyai koefisien beta sebesar 0,567 sehingga pengaruh variabel kinerja tenaga pendidik (X2) terhadap pembentukan calon perwira profesional (Y) adalah sebesar 0,567 atau 56,7%. Berdasarkan koefisien  (standardized coefficient beta) dari variabel bebas dapat diketahui bahwa variabel kompetensi mempunyai beta yang terbesar. Dengan demikian pernyataan hipotesis 4 yang menyatakan variabel kompetensi tenaga pendidik secara parsial berpengaruh signifikan terhadap pembentukan calon Perwira Profesional didukung. Saran bagi Akademi Militer (AKMIL) Keberhasilan Akmil dalam menghasilkan lulusan calon perwira yang profesional dipengaruhi oleh kompetensi dan kinerja tenaga pendidik. Peningkatan komptensi dan kualitas kinerja tenaga pendidik menjadi sangat penting, oleh karena itu Gubernur Akmil diharapkan dapat memfasilitasi dan memberikan kesempatan serta mendorong untuk memotivasi kinerja para tenaga pendidik untuk melakukan pengembangan, pendidikan dan pelatihan. Hal ini dimaksudkan agar kompetensi tenaga pendidik dapat terus menyesuaikan dengan perubahan-perubahan yang bersifat dinamis serta adanya perkembangan teknologi, khususnya peralatan tempur. The study is titled On Competence and Performance Influence Teachers to Officer Candidate Professional Formation in Magelang Military Academy ". The purpose of this study is: To identify and analyze the effect of variable performance competencies of educators and educators together to the formation of candidates for Professional Officers. To determine and analyze the effect of variable competence educators partially to the formation of candidates for Professional Officers. To determine and analyze the performance variables influence on the formation of educators partial Professionals officer candidates. To determine and analyze which variables were the dominant influence on the formation of candidates for Professional Officers. The results showed that: Variable competence (X1) has t count of 1,581 with a significance level of 0.118 which is greater than  (0.118> 0.050). This means that competence is partially no significant effect on the formation of a professional officer candidate. Thus the second hypothesis states that competency variable educators partially significant effect on the formation of the Professional Officers are not supported. Educators performance variables (X2) has t count of 4,608 with a significance level of 0.000, which is smaller than  (0.000 <0.050). This means that the performance of educators partially significant effect on the formation of a professional officer candidate. Thus the third hypothesis stating educators partial performance variables significantly influence the formation of Professional Officers supported. To answer the dominant independent variables that affect the dependent variable used coefficient * (standardized beta coefficient) of the independent variables. Beta coefficient competence variables (X1) = 0.194. Competence variable (X1) has a beta coefficient of 0.194 so that the effect of variable competence (X1) on the formation of a professional officer candidate (Y) is equal to 0.194 or 19.4%. Coefficient beta educators performance variables (X2) = 0.567. Educators performance variables (X2) has a beta coefficient of 0.567 that influence the performance of educators variable (X2) on the formation of a professional officer candidate (Y) is equal to 0.567 or 56.7%. Based on the coefficients (standardized beta coefficient) of the independent variables can be seen that the variable has a beta of the largest competence. Thus the statement of hypothesis 4 which states the variable competence educators partially significant effect on the formation of candidates for Professional Officers supported. Advice for Military Academy (Akmil) Akmil success in producing graduates who are professional officer candidates affected by the competence and performance of educators. Increased competency and quality performance of educators is very important, therefore Akmil governor is expected to facilitate and provide the opportunity to motivate and encourage the performance of educators to do the development, education and training. This meant that the competence of educators can continue to adjust to the changes that are dynamic and the development of technology, especially the combat equipment.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 03 Nov 2016 08:14
Last Modified: 03 Nov 2016 08:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8339

Actions (login required)

View Item View Item