NURHANDAYANTI, AGUSTIN (2013) PENGARUH KOMPETENSI DAN KINERJA TENAGA PENDIDIK TERHADAP PEMBENTUKAN CALON PERWIRA PROFESIONAL DI AKADEMI MILITER MAGELANG. Masters thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
Preview |
Text
3. Abstraksi.pdf Download (28kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul Tentang Pengaruh Kompetensi dan Kinerja Tenaga
Pendidik terhadap Pembentukan Calon Perwira Profesional di Akademi Militer
Magelang”. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
variabel kompetensi tenaga pendidik dan kinerja tenaga pendidik secara bersama terhadap
pembentukan calon Perwira Profesional. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
variabel kompetensi tenaga pendidik secara parsial terhadap pembentukan calon Perwira
Profesional. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel kinerja tenaga
pendidik parsial terhadap pembentukan calon Perwira Profesional. Untuk mengetahui dan
menganalisis variabel mana yang dominan pengaruhnya terhadap pembentukan calon
Perwira Profesional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Variabel kompetensi (X1)
mempunyai t hitung sebesar 1,581 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,118 yang lebih
besar dari (0,118 > 0,050). Ini berarti bahwa kompetensi secara parsial tidak
berpengaruh signifikan terhadap pembentukan calon perwira profesional. Dengan
demikian hipotesis kedua yang menyatakan variabel kompetensi tenaga pendidik secara
parsial berpengaruh signifikan terhadap pembentukan Perwira yang Profesional tidak
didukung. Variabel kinerja tenaga pendidik (X2) mempunyai t hitung sebesar 4,608
dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari (0,000 < 0,050). Ini
berarti bahwa kinerja tenaga pendidik secara parsial berpengaruh signifikan terhadap
pembentukan calon perwira profesional. Dengan demikian hipotesis ketiga yang
menyatakan Variabel kinerja tenaga pendidik parsial berpengaruh signifikan terhadap
pembentukan Perwira Profesional didukung. Untuk menjawab variabel bebas yang
berpengaruh dominan terhadap variabel terikat digunakan koefisien (standardized
coefficient beta) dari variabel bebas. Koefisien beta variabel kompetensi (X1) = 0,194.
Variabel kompetensi (X1) mempunyai koefisien beta sebesar 0,194 sehingga pengaruh
variabel kompetensi (X1) terhadap pembentukan calon perwira profesional (Y) adalah
sebesar 0,194 atau 19,4%.Koefisien beta variabel kinerja tenaga pendidik (X2) = 0,567.
Variabel kinerja tenaga pendidik (X2) mempunyai koefisien beta sebesar 0,567 sehingga
pengaruh variabel kinerja tenaga pendidik (X2) terhadap pembentukan calon perwira
profesional (Y) adalah sebesar 0,567 atau 56,7%. Berdasarkan koefisien (standardized
coefficient beta) dari variabel bebas dapat diketahui bahwa variabel kompetensi
mempunyai beta yang terbesar. Dengan demikian pernyataan hipotesis 4 yang menyatakan
variabel kompetensi tenaga pendidik secara parsial berpengaruh signifikan terhadap
pembentukan calon Perwira Profesional didukung. Saran bagi Akademi Militer (AKMIL)
Keberhasilan Akmil dalam menghasilkan lulusan calon perwira yang profesional
dipengaruhi oleh kompetensi dan kinerja tenaga pendidik. Peningkatan komptensi dan
kualitas kinerja tenaga pendidik menjadi sangat penting, oleh karena itu Gubernur Akmil
diharapkan dapat memfasilitasi dan memberikan kesempatan serta mendorong untuk
memotivasi kinerja para tenaga pendidik untuk melakukan pengembangan, pendidikan dan
pelatihan. Hal ini dimaksudkan agar kompetensi tenaga pendidik dapat terus
menyesuaikan dengan perubahan-perubahan yang bersifat dinamis serta adanya
perkembangan teknologi, khususnya peralatan tempur.
The study is titled On Competence and Performance Influence Teachers to Officer
Candidate Professional Formation in Magelang Military Academy ". The purpose of this
study is: To identify and analyze the effect of variable performance competencies of
educators and educators together to the formation of candidates for Professional Officers.
To determine and analyze the effect of variable competence educators partially to the
formation of candidates for Professional Officers. To determine and analyze the
performance variables influence on the formation of educators partial Professionals officer
candidates. To determine and analyze which variables were the dominant influence on the
formation of candidates for Professional Officers. The results showed that: Variable
competence (X1) has t count of 1,581 with a significance level of 0.118 which is greater
than (0.118> 0.050). This means that competence is partially no significant effect on the
formation of a professional officer candidate. Thus the second hypothesis states that
competency variable educators partially significant effect on the formation of the
Professional Officers are not supported. Educators performance variables (X2) has t count
of 4,608 with a significance level of 0.000, which is smaller than (0.000 <0.050). This
means that the performance of educators partially significant effect on the formation of a
professional officer candidate. Thus the third hypothesis stating educators partial
performance variables significantly influence the formation of Professional Officers
supported. To answer the dominant independent variables that affect the dependent
variable used coefficient * (standardized beta coefficient) of the independent variables.
Beta coefficient competence variables (X1) = 0.194. Competence variable (X1) has a beta
coefficient of 0.194 so that the effect of variable competence (X1) on the formation of a
professional officer candidate (Y) is equal to 0.194 or 19.4%. Coefficient beta educators
performance variables (X2) = 0.567. Educators performance variables (X2) has a beta
coefficient of 0.567 that influence the performance of educators variable (X2) on the
formation of a professional officer candidate (Y) is equal to 0.567 or 56.7%. Based on the
coefficients (standardized beta coefficient) of the independent variables can be seen that
the variable has a beta of the largest competence. Thus the statement of hypothesis 4 which
states the variable competence educators partially significant effect on the formation of
candidates for Professional Officers supported. Advice for Military Academy (Akmil)
Akmil success in producing graduates who are professional officer candidates affected by
the competence and performance of educators. Increased competency and quality
performance of educators is very important, therefore Akmil governor is expected to
facilitate and provide the opportunity to motivate and encourage the performance of
educators to do the development, education and training. This meant that the competence
of educators can continue to adjust to the changes that are dynamic and the development of
technology, especially the combat equipment.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 03 Nov 2016 08:14 |
Last Modified: | 03 Nov 2016 08:14 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8339 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |