SETYORINI, NANDA (2013) ANALISA PRAKTIK PUBLIC RELATION RSUD TIDAR MAGELANG DALAM MENANGANI KELUHAN PENGGUNA KARTU JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT (JAMKESMAS). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
ring.pdf Download (22kB) | Preview |
Abstract
Jamkesmas adalah program bantuan sosial untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin dan
tidak mampu. Berdasarkan manfaat yang diperoleh masyarakat, progam ini memiliki arti penting
terutama bagi masyarakat miskin. Namun pada kenyataannya pelayanan terhadap pasien peserta
Jamkesmas masih jauh dari harapan. Hal ini dikarenakan pasien yang memakai kartu Jamkesmas
akan dipersulit administrasinya, bahkan tidak jarang mereka ditolak saat menggunakan kartu
tersebut dengan alasan yang beraneka ragam misalnya kamar untuk rawat inap sudah habis atau
obat generik yang menjadi hak pemakai jamkesmas stoknya habis. Adanya penolakan serta kualitas
pelayanan yang buruk terhadap pengguna kartu jamkesmas, maka kemungkinan akan menimbulkan
keluhan dari pasien penggunaan kartu Jamkesmas. Oleh karena itu pihak RSUD Tidar Kota Magelang
perlu menangani keluhan dengan baik. Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan, maka
penyusun melakukan penelitian tentang bagaimana penanganan keluhan pengguna Kartu Jaminan
Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) di Rumah Sakit Umum Daerah Tidar Magelang dan untuk
mengetahui kendala yang dihadapi dalam menangani keluhan.. Jenis penelitian ini adalah penelitian
deskriptif kualitatif, penelitian deskriptif bertujuan menggambarkan situasi atau kejadian. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui wawancara atau interview.
Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber data.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa, Penanganan Keluhan Pengguna
Jamkesmas Pada RSUD Tidar kota Magelang yang pertama adalah public relation RSUD Tidar kota
Magelang membentuk team khusus dalam menangani keluhan pasien. Kedua penyedian media
penampung keluhan dan ketiga adalah merancang pesan yang disampaikan oleh Public Relations
RSUD Tidar Kota Magelang dalam menanggapi keluhan pasien. Sedangkan kendala yang dihadapi
public relations RSUD Tidar Kota Magelang dalam menangani keluhan adalah kurangnya SDM public
relations pada RSUD Tidar Kota Magelang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 03 Nov 2016 02:33 |
Last Modified: | 03 Nov 2016 02:33 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8289 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |