Pratama, Fery (2014) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO MERAPI INDAH MAGELANG DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PEMASANG IKLAN. Other thesis, UPN "Veteran" yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (93kB) | Preview |
Abstract
Persaingan radio tidak hanya di kota-kota besar di Indonesia tetapi juga di
kota kecil seperti Magelang. Radio Merapi Indah Magelang menerapkan berbagai
strategi untuk bersaing dalam mendapatkan pengiklan, yang menjadi pesaing yaitu
radio CBS FM karena memiliki sasaran pasar dan program siaran yang hampir sama
dengan radio Merapi Indah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi
komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh radio Merapi Indah Magelang dalam
meningkatkan jumlah pemasang iklan beserta faktor penghambat dan pendukungnya.
Metode penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data
diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa upaya radio Merapi Indah Magelang dalam meningkatkan
jumlah pemasang iklan melalui lima elemen strategi komunikasi pemasaran yaitu
periklanan, penjualan langsung, promosi penjualan, publisitas dan public relations,
dan pemasaran langsung. Strategi lain yaitu dengan service spreading yang
merupakan layanan kepada pemasang iklan dalam membantu menjualkan produknya
ke warung-warung. Penelitian ini juga menemukan beberapa faktor pendukung serta
penghambat strategi komunikasi pemasaran yang telah direncanakan. Faktor
pendukung antara lain kredibilitas yang dibangun selama 20 tahun, mempunyai
pendengar yang loyal, memiliki service spreading pemerataan produk dari klien,
mempunyai berbagai macam produk jasa yang di tawarkan, posisioning yang mampu
menarik perhatian klien, promosi yang efektif dan efisien, dan peralatan yang
lengkap untuk mendukung aktivitas promosi. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu
SDM (Sumber Daya Manusia) yang kurang profesional karena keterbatasannya
jumlah karyawan dan masalah persaingan harga.
Kata Kunci : Strategi komunikasi pemasaran, radio, service spreading
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Mr Suninto Prabowo |
Date Deposited: | 02 Nov 2016 02:24 |
Last Modified: | 02 Nov 2016 02:24 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8249 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |