ANALISIS IKLAN KOSMETIK WARDAH DAN WAFER GERY CHOCOLATOS (Studi deskriptif kualitatif pada iklan kosmetik Wardah dan Wafer gery Chocolatos yang ada dalam Film Habibie & Ainun)

ABIL GISTI, SUHADA (2014) ANALISIS IKLAN KOSMETIK WARDAH DAN WAFER GERY CHOCOLATOS (Studi deskriptif kualitatif pada iklan kosmetik Wardah dan Wafer gery Chocolatos yang ada dalam Film Habibie & Ainun). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of abstrak.pdf]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of blinder.pdf]
Preview
Text
blinder.pdf

Download (765kB) | Preview

Abstract

Seiring berkembangnya dunia informasi maka proses penyampaian
pesanpun semakin luas jangkauannya. Proses penyampaian kepada masyarakat
luas bisa dengan cara apa saja atau melalui media apa saja. Sebuah film mampu
menyampaikan ide gagasan kepada masyarakat luas dan mampu mempengaruhi
perilaku seseorang, sehingga suatu iklan dapat menggunakan film sebagai
medianya untuk beriklan. Produsen produk pasti ingin menawarkan produknya
agar diketahui oleh masyarakat luas dan dapat mempengaruhi keputusan
masyarakat untuk memakai produk yang di iklankan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui bagaimana penyampaian pesan dari sebuah produk yang
beriklan melalui media film. Objek penelitian ini adalah iklan kosmetik Wardah
dan Wafer gery Chocolatos yang beriklan melalui film Habibie & Ainun. Penulis
menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dalam penelitian ini. Melalui
penelitian ini, penulis mengetahui bagaimana penyampaian pesan iklan yang
memilih menggunakan film sebagai media untuk beriklan. Hasil penelitian
dianalisis berdasarkan pemikiran mengenai penyampaian pesan pada proses
pemasaran dan dihubungkan dengan sebuah komunikasi massa dimana sebuah
iklan ingin menyampaikan maksudnya kepada penonton yang menonton film
tersebut. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, penulis mendapatkan hasil
dari potongan-potongan gambar iklan kosmetik Wardah dan Wafer Gery
Chocolatos yang muncul dalam film Habibie & Ainun yaitu proses
penyampaiannya menggunakan Placement product yang disisipkan di sela-sela
adegan dan dibawakan dalam beberapa adegan yang diperankan oleh pemeran
utama film tersebut. Berdasarkan sifatnya sebuah film mampu menjangkau
masyarakat luas sehingga beriklan melalui film menjadi pilihan alternative bagi
produsen produk untuk mengiklankan produknya, namun sangat disayangkan
penyampaian pesan sebuah produk dalam film Habibie & Ainun ini terlalu
dipaksakan sehingga sedikit mengganggu konsentrasi penonton saat
menontonnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 31 Oct 2016 03:14
Last Modified: 31 Oct 2016 03:15
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8164

Actions (login required)

View Item View Item