PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DAN ANAK DALAM MENGENALKAN JENIS PERMAINAN ANAK YANG MENDIDIK DI PALGADING NGAGLIK SLEMAN

HAYATI, WIWIT (2014) PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DAN ANAK DALAM MENGENALKAN JENIS PERMAINAN ANAK YANG MENDIDIK DI PALGADING NGAGLIK SLEMAN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (47kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Anak merupakan satu karunia tuhan dalam hubungan berumah tangga.
Perkembangan anak menjadi tanggung jawab dari orang tua. Mengenai permainan
anak masa kini yang sudah tidak asing dengan permainan modern. Permainan
modern yang kini terdapat dalam gadget, hampir semua anak-anak kini sudah
memiliki gadget yang digunakan untuk bermain setiap harinya. Peran orang tua
menjadi penting melihat hal ini sebagaimana latar belakang dan rumusan masalah
yang di buat adalah “Bagaimana Peran Komunikasi Interpersonal Keluarga Dalam
Mengenalkan Jenis Permainan Anak Yang Mendidik Di Padukuhan Palgading RT
03 RW 18 Ngaglik Sleman?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran
komunikasi orang tua kepada anak dalam mengenalkan jenis permainan kepada
anak terutama permainan yang mendidik di keluarga padukuhan palgading
ngaglik RT 05 RW 18. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif
kualitatif. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif disajikan dalam bentuk
uraian yang disusun secara detail dan sistematis. Hasil penelitian menunjukan
bahwa komunikasi interpersonal berperan penting dalam hubungan berkeluarga
yang harmonis. Melalui komunikasi interpersonal model peran orang tua berperan
sebagai guru dan sahabat bagi anak. Kedua peran tersebut sebagai upaya untuk
mengajarkan pendidikan dan permainan kepada anak. Skema hubungan keluarga
serta interaksi yang terjadi dalam keluarga mempengaruhi cara berkembang anak.
Hambatan yang terjadi berupa kesulitan dalam pengawasan orang tua terhadap
anak, karena anak sudah mengenal lingkungan luar teman-teman yang semakin
banyak yang membawa pengaruh gaya bermain. Proses komunikasi orang tua
dengan anak yang kurang baik mempengaruhi peran orang tua kepada anak.
Pendidikan orang tua mempengaruhi hambatan penerapan permainan yang
mendidik bagi anak. Orang tua dengan pendidikan rendah dan kesibukan padat
cenderung tidak peduli dengan kegiatan anak. Bagaimana hubungan komunikasi
orang tua dan anak mempengaruhi hasil akhir dari permainan yang diajarkan
orang tua kepada anak.
Kata Kunci: Orang Tua Dan Anak, Peran Orang Tua, Permainan Anak ,
Komunikasi Interpersonal, Model Peran, Keluarga.

ABSTRACT
Child is a gift from God in a household relations. Parents have a responsibility in
their child’s growth. About a children’s game, children now are familiar with the
modern game. The modern game now can easily found in a every gadget, almost
all the children now have a gadget that is used to play everyday. Parental role is
being important in this case, like as background and formulation of the problem
that have been made in this research, “ How the role of family interpersonal
communication introduce the games that can educate children at Palgading
Village RT 03 RW 18 Nganglik Sleman ?”. this research have a purpose to find
out the role of parental communication in order to introduce the children’s game
that can be educated in a family at Palgading Ngaglik RT 05 RW 18. Method that
have been used in this research is a qualitative description. Data obtained have
been analyzed discriptively presented in narrative form, arranged detailed an
sistematic. The result of this research showed that interpersonal communication
have a important role in a good family relationship. Trough interpersonal
communication, parents have a role to be a teacher and a chil’s pal. Both of that
role is an effort to teach an education an games to children. Scheme of family
relationships and interactions that occur within the family affects the way of a
children’s growth. Barriers that occur was how hard the parental supervision to
their children, because a child has been known external environment, more of
friends which carries the influence of the style of play. The process of
communication with the child's parents are adversely affecting the role of parent
to child. Education and rushing of their parents influence the implementation
barriers educational games for children. A low educational parents and with a
solid rushing tend didn’t care with their child’s activity. How does a parent and
child communication affect the final outcome of the game that taught parents to
children.
Key words : Parents And Children, Role Of Parents, Child’s Game, Interpersonal
Communication, Role Model, Family.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: L Education > L Education (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Ratna Sufiatin
Date Deposited: 28 Oct 2016 06:40
Last Modified: 28 Oct 2016 06:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8154

Actions (login required)

View Item View Item