Ekaningtyas, Ratna Tarisa (2013) PENGARUH EXPOSURE IKLAN KOPI KAPAL API SUSU DENGAN ENDORSER AGNES MONICA TERHADAP PERILAKU KONSUMEN (Studi terhadap Komunitas Pecinta Kopi Yogyakarta : Ngopi Jogja. Other thesis, UPN "Veteran" yogyakarta.
|
Text
abstrak.pdf Download (176kB) | Preview |
Abstract
Kapal Api sebagai brand kopi terbesar di Indonesia meluncurkan iklan terbaru menggunakan endorser Agnes Monica untuk mempertahankan pasar di tengah gebrakan sengit dari kompetitor barunya yaitu Top Coffee yang sangat gencar berpromosi dengan menggunakan banyak artis terkenal sebagai endorsernya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah ada hubungan dan adakah pengaruh yang signifikan antara exposure iklan kopi Kapal Api Susu dengan endorser Agnes Monica terhadap perilaku konsumen di kalangan Komunitas Pecinta Kopi “Ngopi Jogja”?, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui adakah hubungan yang kuat dan adakah pengaruh yang signifikan antara terpaan iklan kopi Kapal Api Susu dengan endorser Agnes Monica terhadap perilaku konsumen di kalangan komunitas Ngopi Jogja. Penelitian ini menggunakan teori Jarum Hipodermik, teori kredibilitas sumber dan teori perilaku konsumen sebagai landasan teorinya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan dilaksanakan dengan menyebar kuesioner. Populasi dalam penelitian inia dalah Komunitas Pecinta Kopi “Ngopi Jogja” dengan sampel sebanyak 92 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menyatakan hipotesis dapat diterima dengan nilai product moment sebesar 0,896 yang artinya terdapat hubungan sangat kuat antara terpaan iklan dan perilaku konsumen, serta nilai uji signifikan t hitung 19,135 > t tabel 1,986, artinya perilaku responden dalam mengonsumsi kopi Kapal Api Susu secara signifikan dipengaruhi oleh faktor penggunaan endorser Agnes Monica dalam iklannya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini terbukti dan menunjukkan bahwa terdapat efek langsung dari exposure iklan kopi Kapal Api Susu dan salah satu faktornya adalah penggunaan endorser yang memiliki kredibilitas tinggi di mata konsumen. Efek atau pengaruh dari exposure tersebut adalah adanya rangkaian aktivitas perilaku konsumen mulai dari memilih, membeli, memakai, memanfaatkan dan merekomendasikan produk. Kata kunci : terpaan iklan, exposure, endorser, perilaku konsumen.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Mr Suninto Prabowo |
Date Deposited: | 28 Oct 2016 06:42 |
Last Modified: | 28 Oct 2016 06:42 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8153 |
Actions (login required)
View Item |