Kirana, Devi Pradysta (2014) POLA KOMUNIKASI ORGANISASI PADA RUMAH MAKAN PARADIS RESTO DI GAMPING YOGYAKARTA DALAM MENCIPTAKAN KEHARMONISAN KARYAWAN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (41kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Yogyakarta merupakan salah satu kota tujuan wisata di Indonesia berkat peninggalan budaya, seni, tempat-tempat wisata yang menarik serta jajanan kulinernya yang beraneka ragam. Persaingan bisnis kuliner di kota Yogyakarta yang semakin kuat membuat perusahaan harus mampu bertahan. Pengelolaan manajemen, pola dan aliran komunikasi organisasi yang harmonis antar karyawan dalam perusahaan merupakan penentu keberhasilan perusahaan dalam mengatasi persaingan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola dan arah aliran komunikasi organisasi yang ada di rumah makan Paradise Resto dalam menciptakan hubungan yang harmonis anatara karyawan didalamnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan menggambarkan fenomena- fenomena komunikasi organisasi di rumah makan Paradise Resto. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara yang mendalam serta studi kepustakaan yang sesuai dengan penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dilapangan, maka dapat dijelaskan bahwa komunikasi vertikal, komunikasi horisontal, komunikasi lintas saluran serta pola komunikasi yang tercipta di rumah makan Paradise Resto berjalan lancar baik itu komunikasi formal ataupun informalnya. Semua anggota organisasi dapat saling berkomunikasi dan menyampaikan pesan dengan baik. Dari hasil penelitian tampak bahwa kegiatan komunikasi yang terjadi selalu mengedepankan keterbukaan, hubungan kekeluargaan cukup kuat, kerja tim yang solid dan masing – masing anggota organisasi mampu bersosialisasi dengan baik sehingga suasana kinerja perusahaan menjadi kondusif dan nyaman bagi seleuruh anggotanya. Hal ini dapat disimpulkan bahwa perusahaan mampu membentuk pola dan aliran komunikasi yang baik dan lancar sehingga mampu menciptakan hubungan yang harmonis diantara karyawan di rumah makan Paradise Resto v ABSTRACT Yogyakarta is one of Indonesia’s tourist destination due to the cultural heritage art, tourist place of interst as well as the diverse culinary snacks. Culinary competition in Yogyakarta is getting stronger makes the company should be able to survive. Management of management, organizational communication pattern and harmonious flow between employees in the company is the determinant of the company’s success in overcoming the competition. This research aims to know the flow of pattern and direction of the organizational communication in Paradise Resto Restaurant in creating a harmonious relation among the employees in it. Method of this research was a descriptive qualitative one which aimed to describe phenomena of organizational communication in Paradise Resto Restaurant. Data collecting techniques were performed by observation, in-depth interview, and study of literatures appropriate with this research. Based on result of the research from the location can be explained that vertical communication, horizontal communication, cross-line communication, and organizational communication patterns which are created in Paradise Resto Restaurant run well either formally or informally. All members of this organization are able to communicate and deliver messages well each other. Results of the research shows that the communication activities always be performed open-mindedly, the organization members also have a quiet strong relationship, a solid team-work and each member of that organization is able to socialize well so performance of this organization is being conducive and comfortable for all. This can be concluded that organization is able to form a good and liquid pattern and flow of communication therefore a good and harmonious relation can be taking place among the employees of this restaurant.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Ratna Sufiatin |
Date Deposited: | 27 Oct 2016 08:03 |
Last Modified: | 27 Oct 2016 08:03 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8106 |
Actions (login required)
View Item |