RAHMADI, THOMAS (2014) ANALISIS STRATEGI PUBLIC RELATIONS DINAS KEBUDAYAAN DAN KEPARIWISATAAN GUNUNGKIDUL DALAM RANGKA MEMBANGUN CITRA PARIWISATA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
abstrak.pdf Download (47kB) | Preview |
Abstract
Era industri seperti saat ini, Public Relations (humas) memiliki peran penting kemajuan – kemajuan yang ada diberbagai bidang, salah satunya industri pariwisata. Gunungkidul memiliki banyak potensi dari segi pariwisata, untuk itu pengelolaan pariwisata perlu dilakukan dengan optimal guna membangun kenyamanan dan kemananan wisatawan. Dengan rasa aman dan nyaman maka akan menimbulkan kepercayaan dari publik, dengan demikian akan tercipta citra yang positif bagi kepariwisataan Gunungkidul. Konsep atau teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori persuasi. Salah satu tujuan utama seorang Public Relations adalah meyakinkan publik – publik yang menjadi sasaran organsisasinya untuk mengadopsi sikap, opini atau perilaku tertentu salah satunya dengan tindakan persuasif (bujukan). Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Data primer yang didapat melalui proses wawancara dengan narasumber utama, yakni Public Relations Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Gunungkidul. Narasumber pendukung diantaranya Seksi Promosi dan Pemasaran, Seksi Bina Usaha Wisata, wisatawan dan juga masyarakat umum. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Public Relations telah menjalankan tugas dan peranya sesuai dengan tupoksi (tugas pokok dan fungsi) yang ditetapkan oleh pemerintah. Public Relations juga telah menjalankan beberapa strategi dan aktivitas dalam upaya membangun citra pariwisata Gunungkidul. Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis dilapangan, dapat ditarik kesimpulan bahwa Public Relations telah menjalankan program dan tindakan – tindakan yang tujuannya untuk mengajak (persuasi) wisatawan dan masyarakat untuk ikut berperan dalam membangun citra dan mengembangkan pariwisata Gunungkidul. Public Relations Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Kabupaten Gunungkidul telah memanfaatkan media – media sebagai publisitas dalam mempromosikan dan memasarkan program – program Public Relations dalam membangun Citra Pariwisata Gunungkidul. Tetapi dari hasil penelitian yang dilakukan penulis, mengindikasikan strategi tersebut tidak berhasil dan tidak efektif. Masyarakat dan wisatawan justru lebih banyak yang mengetahui informasi mengenai kepariwisataan Gunungkidul melalui getok tular (Word of Mouth).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 27 Oct 2016 06:55 |
Last Modified: | 27 Oct 2016 06:55 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8098 |
Actions (login required)
View Item |