“ANALISIS SIMBOLIK DALAM FASHION YANG DIGUNAKAN MAHASISWA PRODI ILMU KOMUNIKASI UPN “VETERAN” YOGYAKARTA BERDASARKAN KONSENTRASINYA”

AMALIA, AMALIA (2013) “ANALISIS SIMBOLIK DALAM FASHION YANG DIGUNAKAN MAHASISWA PRODI ILMU KOMUNIKASI UPN “VETERAN” YOGYAKARTA BERDASARKAN KONSENTRASINYA”. Other thesis, UPN "Veteran" yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

Penampilan merupakan awal seseorang melihat kepribadian diri terutama saat
pertamakali bertemu. Penelitian ini dibuat untuk merepresentasikan produksi pesan
melalui fashion yang digunakan kelompok mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UPN
“Veteran” Yogyakarta berdasarkan konsentrasinya. Fashion merupakan bagian yang
tidak dapat dilepaskan dari penampilan dan gaya keseharian. Di dalam sebuah
fashion, ada nilai-nilai yang ingin dipromosikan atau dikomunikasikan melalui apa
yang ditampilkan. Melalui metode deskriptif kualitatif penulis mencoba menafsirkan
pesan apa yang terkandung dari cara berpenampilan mahasiswa. Setelah beberapa
tahapan penelitian yang dilakukan, maka dihasilkan bahwa yang terpenting dari
penampilan mereka adalah kenyamanan. Kenyamanan terkait dengan profesi mereka
seperti halnya Public Relations yang dididik untuk menciptakan brend baik dan
meningkatkan reputasi diri, karena itulan mereka berpakaian rapi, elegan dan
fashionable dalam kesehariannya. Untuk mahasiswa konsentrasi Advertising dan
Broadcasting sendiri, selain mencari kenyamanan dalam berpakaian, penampilan
tidak terlalu menjadi patokan penting dalam aktivitas kesehariannya, dikarenakan
mereka lebih menyesuaikan diri terhadap pekerjaan yang lebih condong dibelakang
layar. Mahasiswa konsentrasi Jurnalistik, pakaian dan penampilan merupakan faktor
pendukung untuk mencari kenyamanan, karena mereka bekerja dilapangan untuk
mengejar target atau deadline dalam mencari berita yang membutuhkan kecepatan
yang dibatasi oleh waktu dalam bekerja. Tulisan ini, merupakan sebuah analisa
mengenai bagaimana representasi produksi pesan dalam penggunaan fashion
dikalangan kelompok mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta
berdasarkan konsentrasinya masing-masing. Selain mahasiswa mencari kenyamanan
dalam berpenampilan, fashion merupakan produksi pesan komunikasi untuk
mengontruksikan identitasnya, karena fashion mempunyai cara non-verbal untuk
memproduksi serta menukarkanmakna dan nilai-nilai tersendiri.
Kata kunci : Analisis simbolik , fashion, mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi
UPN “Veteran” Yogyakarta

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mr Suninto Prabowo
Date Deposited: 27 Oct 2016 04:49
Last Modified: 27 Oct 2016 04:49
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8089

Actions (login required)

View Item View Item