Saputro, Rasiid (2015) STRATEGI PUBLIC RELATION DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE HOTEL HARPER SEBAGAI HOTEL BARU DAN MEREK BARU (Studi pada Hotel Harper Mangkubumi. Other thesis, UPN "Veteran" yogyakarta.
Preview |
Text
SKRIPSI 2015-RASIID SAPUTRO-ABSTRAKSI.pdf Download (192kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAKSI
Rasiid Saputro, Nomor mahasiswa 152110034, Jurusan Ilmu Administrasi
Bisnis. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan nasional
“Veteran” Yogyakarta. Judul Penelitian “Strategi Public Relation Dalam
Membangun Brand Image Hotel Harper Sebagai Hotel Baru dan Merek Baru"
(Studi Pada Hotel Harper Mangkubumi Yogyakarta)”. Dosen Pembimbing I Dr.
Susanta, Msi dan Dosen Pembimbing II Dr. H. Lukmono Hadi, M.S.
Perencanaan strategi merupakan proses penyusunan perencanaan jangka
panjang maupun jangka pendek dengan menggunakan analisis lingkungan internal
maupun lingkungan eksternal dari sebuah pengembangan usaha. Penelitian ini
bertujuan untuk merumuskan strategi public relation dalam membangun brand
image yang paling tepat diterapkan oleh hotel Harper agar dapat memanfaatkan
peluang dan mengantisipasi ancaman yang ada dengan mendayagunakan kekuatan
dan mengantisipasi kekurangan.
Penelitian ini menggunakan tipe penelitian eksplorasi. Teknik
pengambilan data ini menggunakan dua tip yaitu wawancara kepada public
relation dan memberikan kuesioner kepada responden. Responden dalam
penelitian ini terdiri dari 7 orang yaitu masing-masing dari divisi public relation,
sales, human resources, DOS, front office dan 2 orang pengunjung hotel. Peneliti
menggunakan teknis analisis data deskriptif dengan mencari faktor-faktor yang
mempengaruhi dengan menggunakan tiga tahapan yaitu, tahap masukan yang
berupa matriks IFE dan matriks EFE, tahap pencocokan dari matriks SWOT dan
tahap keputusan yang diambil dari matirk QSPM.
Hasil dari pengolahan data pada matriks SWOT menghasilkan tiga macam
alternatif strategi, yaitu strategi penetrasi pasar, strategi pengembangan pasar dan
strategi penghematan. Hasil perhitungan QSPM menunjukan perspektif nilai
strategi alternatif tertinggi adalah dengan strategi pengembangan pasar untuk
memperkenalkan produk atau jasa yang sudah ada ke wilayah baru, dimana public
relation mengoptimalkan kapasitas promosi, mengusahakan pengembangan SDM,
mengenalkan merek baru dengan nilai TAS sebesar 6.936. Langkah selanjutnya
adalah melakukan langkah-langkah diimplementasikan dari stratetegi public
relation dalam membangun brand image yaitu meningkatkan intensitas dan
kualitas promosi iklan pada media online situs booking untuk menarik wisatawan
agar dengan mudah memesan kamar, mengenalkan produk hotel Harper sebagai
hotel baru dari Archipelago yang mengusung konsep rustik, mengedukasi pasar
untuk mencari pelanggan baru dengan bantuan media melalui majalah, surat kabar
dan radio, mengembangkan kualitas SDM dengan adanya training bagi public
relation dengan bantuan dari divisi human resources, mengambil alih kendali
pada market share hotel di Jalan Mangkubumi.
Kata kunci: Strategi, Public Relation, Brand Image
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Mr Suninto Prabowo |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 04:21 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 04:21 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8008 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |