PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP INTERAKSI ANAK KEPADA ORANG TUA (Studi Kasus Di Kalangan Murid Sekolah Dasar di Kecamatan Klaten Utara Kabupaten Klaten)

Mahardeka, Roesy Dananjaya Panji (2014) PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP INTERAKSI ANAK KEPADA ORANG TUA (Studi Kasus Di Kalangan Murid Sekolah Dasar di Kecamatan Klaten Utara Kabupaten Klaten). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Munculnya produk ponsel pintar atau Smartphone yang tidak hanya menawarkan kemudahan dalam berkomunikasi, namun juga aplikasi hiburan berupa game semakin digemari oleh beragam usia dari kalangan masyarakat termasuk anak usia dini. Anak usia dini yang seharusnya lebih sering berinteraksi dengan orang tua sebagai bentuk dari pengawasan serta pendidikan orang tua kepada anaknya, justru pada era globalisasi kemajuan teknologi membuat intensitas interaksi tersebut dapat terganggu/berkurang. Teori yang dipakai dalam penelitian ini yaitu teori determenisme teknologi dan teori interaksi sosial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri 2 Bareng Lor Klaten, siswa SD Negeri 4 Bareng Lor Klaten, dan siswa SDIT Hidayah Klaten kelas 4, 5 dan 6. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi produt moment, korelasi parsial dan regresi linier sederhana. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh secara signifikan antara penggunaan smartphone terhadap kualitas interaksi anak kepada orang tua di Sekolah Dasar Kecamatan Klaten Utara dan terdapat pengaruh secara signifikan antara penggunaan smartphone terhadap kualitas interaksi anak kepada orang tua di Sekolah Dasar Kecamatan Klaten Utara yang dikontrol oleh tingkat ekonomi dan pendidikan orang tua. Hasil penelitian pada korelasi parsial disimpulkan bahwa pendidikan orang tua terbukti menjadi variabel intervening antara penggunaan smartphone dengan interaksi anak kepada orang tua, hal tersebut ditunjukkan dengan perolehan nilai koefisien korelasi ketika pendidikan orang tua dibuat tetap atau dikendalikan maka tingkat keeratan hubungan antara penggunaan smartphone dengan interaksi anak kepada orang tua terjadi penurunan. Hasil analisis korelasi product moment diperoleh nilai korelasi -0,522, artinya semakin tinggi penggunaan smartphone maka semakin rendah interaksi anak kepada orang tua, demikian pula sebaliknya jika penggunaan smartphone semakin rendah maka interaksi anak kepada orang tua semakin tinggi. Analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan smartphone terhadap interaksi anak kepada orang sebesar 27,2%, hasil tersebut berarti bahwa penggunaan smartphone pada anak-anak usia dini dapat memberikan dampak kepada interasi anak dengan orang tuanya. Kata Kunci : Penggunaan smartphone, interaksi sosial ABSTRACT The emerge of smartphone not only offers easiness in communication, but also entertainment application such as game that is more idolized by various ages of society class including early age children. Early age children who should more interact with parents as the monitoring and education of parents to their children, precisely technological development globalization era makes the interaction intensity is decreased. The theory utilized in this research was the theory of technology determinism and social interaction. This research utilized quantitative method, the population of this research were students of SD Negeri 2 Bareng Lor Klaten, Students of SD Negery 4 Bareng Lor Klaten, and students of SDIT Hidayah Klaten grade 4,5, and 6. The data analysis technique in this research was product moment correlation analysis, partial correlation and simple linear regression. The hypotheses of this research were there is significant effect between smartphone use towards interaction quality of children to their parents at Elementary School of North Klaten and there is significant effect between smartphone use towards children interaction quality to parents at Elementary School of North Klaten controlled by parents’ economical and educational level. The result of this research on partial correlation was concluded that parents’ education has been proved as intervening variable between smartphone use and children interaction to parents, it was shown with the gain of correlation coefficient value when parents’ education was made as persistent or controlled so the closeness level of relationship between smartphone use and children interaction to parents experienced decline. The correlation analysis result of smartphone use gained correlation value -0.522 which means that the higher smartphone use, the lower children interaction to parents. On the other hand, if the smartphone use was low, the children interaction to parents was higher. The simple linear regression analysis indicated that the effect of smartphone use on children interaction to parents was 27.2%, the result means that smartphone use on early age children can give impact to their interaction to parents. Keywords: Smartphone use, social interaction

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Eko Suprapti
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:15
Last Modified: 26 Oct 2016 03:15
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7998

Actions (login required)

View Item View Item