FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MEMBELI PASTA GIGI PEPSODENT (Studi pada mahasiswa program studi ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Yogyakarta)

Rinaldi, Rinaldi (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MEMBELI PASTA GIGI PEPSODENT (Studi pada mahasiswa program studi ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM
MEMBELI PASTA GIGI PEPSODENT
(Studi pada mahasiswa program studi ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran
Yogyakarta)
ABSTRAKSI
Disusun oleh : Rinaldi
Mahasiswa jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik,
Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta 2015
Dibimbing oleh : Susanta, DR.DRS, MSi dan DR.H.Lukmono Hadi
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui atribut apa saja yang
mempengaruhi konsumen dalam membeli produk pasta gigi Pepsodent dan untuk
mengetahui faktor apa yang mempunyai kontribusi paling besar terhadap
keputusan konsumen dalam membeli produk pasta gigi Pepsodent. Tipe penelitian
ini adalah deskripstif karena peneliti ingin mengetahui dan mendeskripsikan
atribut apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam membeli produk pasta gigi
Pepsodent serta mengetahui faktor apa yang mempunyai kontribusi paling besar
terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk pasta gigi Pepsodent.
Penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kusioner untuk mendapatkan data.
Populasi yang menjadi penelitian ini sebanyak 318 yaitu konsumen produk pasta
gigi Pepsodent mahasiswa dan mahasiswi jurusan Ilmu Administrasi Bisnis
angkatan 2012-2014. Data yang dikumpulkan adalah data primer.
Penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap. Tahap pertama adalah dengan
menggunakan FGD (Focus Group Discussion) yaitu metode pengumpulan data
atau informasi mengenai permasalahan tertentu secara spesifik melalui diskusi
kelompok. FGD dilakukan dengan dengan 10 responden dan menghasilkan 22
indikator yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli produk pasta gigi
Pepsodent. Tahap kedua adalah dengan melakukan Test Cochran yang dilakukan
untuk menguji atribut-atribut dan item-item mana yang valid. Test Cochran
dilakukan dengan jumlah responden 76 dan menghasilkan 16 atribut yang
mempengaruhi konsumen membeli produk pasta gigi Pepsodent.
Tahap ketiga adalah melakukan analisis faktor yang dimana 16 atribut
yang sudah valid di sederhanakan dan dikelompokkan menjadi beberapa faktor.
Kusioner disebarkan dengan teknik purposive sampling digunakan untuk
penarikan sampel. Hasilnya didapatkan 6 faktor yang mempengaruhi konsumen
yaitu faktor 1 diberi nama faktor merek dengan eigenvalue 4,520, terdiri dari
faktor merek. Faktor 2 diberi nama faktor sertifikasi produk dengan eigenvalue
1,814, terdiri dari tersertifikasi halal MUI dan tersertifikasi di BPOM. Faktor 3
diberi nama faktor kesesuaian produk dengan eigenvalue 1,644, terdiri dari
Kualitas produk, Komposisi produk, Kesesuaian dengan kemampuan daya beli,
Keanekaragaman jumlah isi, Netto produk, Keunggulan produk. Faktor 4 diberi
nama faktor kemasan produk dengan eigenvalue 1,423, terdiri dari Kemasan
produk dan Kemudahan mendapatkan produk. Faktor 5 diberi nama faktor citra
produk dengan eigenvalue 1,236, terdiri dari Banyak digunakan di lingkungan,
Citra produk, Inovasi produk. Faktor 6 diberi nama faktor harga dengan
eigenvalue 1,001, terdiri dari Harga dan Rekomendasi keluarga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mr Suninto Prabowo
Date Deposited: 25 Oct 2016 01:34
Last Modified: 25 Oct 2016 01:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7943

Actions (login required)

View Item View Item