MAKNA PESAN IKLAN PDI PERJUANGAN INDONESIA HEBAT (Analisis Semiotik Iklan PDI Perjuangan Indonesia Hebat Pada Masa Kampanye Pemilu Legislatif 2014)

RAMADHAN, MARIO (2014) MAKNA PESAN IKLAN PDI PERJUANGAN INDONESIA HEBAT (Analisis Semiotik Iklan PDI Perjuangan Indonesia Hebat Pada Masa Kampanye Pemilu Legislatif 2014). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Pada masa kampanye Pemilu Legleslatif 2014, partai-partai politik di Indonesia saling berlomba melakukan kampanye melalui berbagai cara untuk meraih simpati dari masyarakat. Salah satu media yang dibidik adalah televisi, karena televisi memiliki keunggulan dibandingkan media lain walau dengan biaya besar namun dinilai efektif dan tepat sasaran. Dalam penelitian ini penulis memilih PDI Perjuangan dengan judul tulisan “Makna Pesan Iklan PDI Perjuangan Indonesia Hebat”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna dan pesan dari iklan PDI Perjuangan Indonesia Hebat pada masa kampanye Pemilu Legleslatif 2014. Ada tiga iklan yang diteliti yaitu versi Kedaulatan Pangan, HUT PDIP ke-41 dan Nasihat Ibu. Dalam mengintepretasikan iklan Indonesia Hebat PDIP ini, peneliti mengacu semiotika dari Roland Barthes yaitu Two orders of signification (signifikasi dua tahap atau dua tatanan pertandaan) Barthes terdiri dari first order of signification yaitu denotasi, dan second orders of signification yaitu konotasi. Tatanan yang pertama mencakup penanda dan petanda yang berbentuk tanda. Tanda inilah yang disebut makna denotasi. Denotasi adalah tingkat pertandaan yang menjelaskan hubungan antara tanda dan rujukan pada realitas, yang menghasilkan makna yang eksplisit, langsung, dan pasti. Sedangkan konotasi adalah tingkat pertandaan yang menjelaskan hubungan antara penanda dan petanda, yang di dalamnya beroperasi makna yang bersifat implisit dan tersembunyi. Peneliti dalam mengintepretasikan makna isi pesan iklan Indonesia Hebat dengan cara membagi menjadi makna denotasi, konotasi dan mitos. Setelah peneliti menginterpretasikan iklan Indonesia Hebat dapat dikatakan bahwa iklan tersebut memuat gambaran tentang nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila seperti seperti gotong royong, cinta tanah air, menghargai perbedaan dan iklan tersebut dinilai sukses membawa PDI Perjuangan menjadi partai pemenang dalam pemilu legleslatif 2014.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 24 Oct 2016 08:36
Last Modified: 24 Oct 2016 08:36
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7941

Actions (login required)

View Item View Item