Hatma Bramasta, Alfi (2014) STRATEGI BAURAN PEMASARAN PRODUK SEPATU KULIT (Studi pada UD. M Joint leather craft, Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (172kB) | Preview |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Strategi bauran
pemasaran apakah yang tepat untuk produk sepatu kulit dengan kondisi UD. M
Joint berdasarkan analisis SWOT dengan menggunakan matrik IFAS dan EFAS.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bauran pemasaran
pada produk sepatu kulit yang tepat pada UD. M Joint berdasarkan analisis
SWOT dengan menggunakan matrik EFAS dan IFAS.
Penelitian ini dilakukan di UD. M Joint. Tipe penelitian ini adalah deskriptif,
yaitu penelitian yang bertujuan untuk membuat diskriptif, gambaran atau lukisan
secara sistematis, factual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat serta hubungan
antar fenomena yang diselidiki. Teknik pengumpulan data dengan teknik
wawancara, observasi, dan dokumen.
Berdasarkan hasil penelitian, kekuatan dari produk sepatu kulitt adalah
mempunyai Kualitas bahan produk yang baik, adanya jaminan produk (repeat
order),diskon dalam setiap pembelian produk, sistem pembayaran secara tunai dan
non tunai (credit card), desain produk yang bervariasi. Kelemahan yaitu daftar
harga yang kurang lengkap, hanya terdapat satu showroom, lokasi kurang
strategis, media iklan kurang maksimal, kurang maksimal dalam pemasaran
langsung (pameran). Peluang yaitu tingkat ancaman pendatang baru rendah, daya
tawar pembeli cukup rendah, belum banyak perusahaan sepatu kulit di
Yogyakarta, bermacam-macam selera konsumen, dekat dengan lokasi
penyemakan kulit. Dan ancaman yaitu, brand pesaing sudah terkenal, variasi
produk pesaing, banyak produk pengganti, masuknya produk impor, kurang stabil
suplai bahan baku kulit.
Nilai dari faktor internal adalah 2,95 faktor eksternal mempunyai nilai 2,77. Dari
hasil faktor eksternal dan internal dapat diketahui posisi produk sepatu kulit
dengan menggunakan analisis SWOT terdapat pada sel 5 yaitu mendukung strategi pertumbuhan sedang, produk sepatu kulit berada pada posisi yang sangat
menguntungkan dimana memiliki kekuatan dan peluang. Rekomendasi strategi
yang bisa dilakukan adalah melakukan, strategi penetrasi pasar dan strategi
pengembangan produk.
Berdasarkan hasil penelitian, maka saran bagi produk sepatu kulit UD. M joint
adalah sebagai berikut : Menggunakan strategi intensif melalui pengembangan
produk yaitu dapat dengan Membuat variasi produk yang sesuai dengan harapan
konsumen, Menciptakan produk yang berkarakter (ciri khas), Mengembangkan
brand sendiri, Membuat produk yang memiliki segmen berbeda dengan produk
import. Menggunakan strategi intensif penetrasi pasar dapat dengan seringnya
memberikan diskon yang bervariasi kepada pelanggan, dan dapat memanfaatkan
berbagai alat pemasaran sebagai penunjang perusahaan dalam menjaring para
konsumen secara luas.
Kata kunci : Strategi, bauran pemasaran, Efas dan ifas, Matrik IE
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 20 Oct 2016 02:27 |
Last Modified: | 20 Oct 2016 02:27 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7832 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |