KEBIJAKAN CITY BRANDING DINAS PARIWISATA PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Triwibowo, Yosafat Novan (2015) KEBIJAKAN CITY BRANDING DINAS PARIWISATA PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK1.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK1.pdf

Download (260kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan daerah pariwisata yang banyak
dikunjungi wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara. Namun,
Daerah Istimewa Yogyakarta sendiri pernah mengalami ketidaksuksesan dalam
memperkenalkan citra kotanya. Kegagalan dalam mempromosikan citra kota
Yogyakarta dalam “Jogja Never Ending Asia” membuat Yogyakarta seakan
kehilangan identitas diri sebagai kota pariwisata, ditambah lagi dengan adanya
baliho yang mempromosikan Negara lain yaitu Visit Malaysia “Malaysia Truly
Asia”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai yang diciptakan Dinas
Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta melalui slogan “Jogja Never Ending
Asia” serta mengetahui bagaimana hilangnya slogan yang seharusnya
mencitrakan kota Yogyakarta, menjelaskan bagaimana pengorganisasian desain
pesan sebelum pesan itu disampaikan, serta menjelaskan bagaimana kelanjutan
city branding yang dimiliki oleh Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini
menggunakan studi kasus deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan
melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka. Sedangkan pengujian validitas
data menggunakan triangulasi data, data yang diperoleh disesuaikan dengan
sumber yang lainnya. Berdasarkan hasil penelitian penulis adalah men gganti citra
kota “Jogja Never Ending Asia” dengan proses yang panjang dan dapat
disimpulkan bahwa dalam membuat citra kota atau city branding harus melewati
pengorganisasian desain pesan agar pesan yang akan disampaikan akan mudah
diterima oleh khalayak. Pada tahun 2014, akhirnya diputuskan oleh Gubernur
Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwana X untuk membuat
ulang atau me-rebranding citra kota atau city branding. City Branding inilah yang
akan dipakai Yogyakarta agar menjadi ciri khas kota Yogyakarta serta
mencerminkan apa yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Keyword : Yogyakarta, City Branding, “Jogja Never Ending Asia”, Baliho Visit
Malaysia, “Jogja Istimewa”.

ABSTRACT
Special Region of Yogyakarta is a tourist area visited by many domestic
and foreign tourists. However, Yogyakarta himself had experienced unsuccessful
in introducing city branding. Failure in promoting the branding of Yogyakarta
city in "Jogja Never Ending Asia" makes Yogyakarta seemed to lose its identity as
a tourism city, coupled with the billboards that promote another State that is Visit
Malaysia "Malaysia Truly Asia". This study aims to determine the values that
created the Tourism Office of Yogyakarta Special Region through the slogan
"Jogja Never Ending Asia" and to know how the loss of a slogan that should
portray the city of Yogyakarta, explains how the organization of the design of the
message before the message was delivered, and explain how the continuation of
city branding owned by Yogyakarta. This study used a qualitative descriptive case
studies. Data collected through interviews, observation, and literature study.
While testing the validity of the data using triangulation of data, data obtained
adapted to other sources. Based on the results of the study authors is to replace
the image of the city "Jogja Never Ending Asia" and it can be concluded that in
making the image of the town or city must pass through the organization of design
message that the message will be delivered will be easily accepted by the
audience. In 2014, it was decided by the Yogyakarta Governor Sri Sultan
Hamengku Buwana X for rebranding Yogyakarta. City Branding is what will be
used in order to become the hallmark of the city and reflects what is in Special
Region of Yogyakarta.
Keyword : Yogyakarta, City Branding, “Jogja Never Ending Asia”, Baliho Visit
Malaysia, “Jogja Istimewa”.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Ratna Sufiatin
Date Deposited: 18 Oct 2016 07:08
Last Modified: 18 Oct 2016 07:08
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7782

Actions (login required)

View Item View Item