Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Merek Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna Sepeda Motor Honda di Kabupaten Gunungkidul)

ROSYID, ANWAR (2013) Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Merek Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna Sepeda Motor Honda di Kabupaten Gunungkidul). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Perkembangan usaha diwarnai berbagai macam persaingan
disegala bidang
termasuk pemasaran produk, tak terkecuali bisnis otomotif khususnya sepeda
motor yang berkembang pesat di Indonesia. PT. Astra Honda Motor salah sa
tu
pelopor industri sepeda motor di Indonesia berdiri 11 Juni 1971.
Meningkatnya
persaingan menuntut Honda untuk selalu memperhatikan kebutuhan dan
keinginan konsumen, berusaha memenuhi apa yang diharapkan dengan cara lebih
memuaskan daripada yang dilakuka
n pesaing, membua
t citra yang baik di
masyarakat, karena citra adalah variabel yang secara positif maupun negatif
mempengaruihi aktivi
tas pemasaran. Penelitian ini akan dilakukan di
Gunungkidul, alasannya karena rata
-
rata masyrakatnya menggunakan sepeda
mo
tor sebagai alat transportasi utama.
Luas wilayah, tingkat sosial ekonomi dan
pola kehidupan membuat tingginya pengguna sepeda motor di wilayah tersebut
sangat berpengaruh terhadap maraknya berbagai jenis sepeda motor yang
ditawarkan oleh produsen. Kombina
si antara beragam jenis sepeda motor yang
berbeda dan jumlah konsumen yang besar menimbulkan persepsi yang beragam
tentang kepuasan terhadap sepeda motor yang digunakan.
Secara langsung/ tidak
langsung hal ini berakibat pada perilaku konsumen dalam menentu
kan sikap dan
keputusan dalam pembelian sepeda motor di masa datang.
Pertumbuhan penjualan
sepeda motor di Gunungkidul menembus angka 12 ribu unit pertahun atau sekitar
seribu unit perbulan. Kondisi
-
kondisi tersebut merupakan tantangan bagi
manajemen perus
ahaan produsen sepeda motor Honda untuk dapat memberikan
mutu produk dan pelayanan terbaik. Yang dapat menciptakan kepuasan pada
konsumennya sehingga diharapkan dapat menciptakan konsumen yang loyal yang
akan berimplikasi terhadap profit perusahaan.
Peneli
tian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh citra merek terhadap
loyalitas merek dengan kepuasan k
onsumen sebagai variabel interve
ning.
Bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara langsung dan pengaruh secara tidak
langsung terhadap variabel loyalitas me
rek pada pengguna sepeda motor Honda di
kabupaten Gunungkidul, serta untuk mengetahui pengaruh antar variabel. Data
yang dikumpulkan menggunakan teknik kuesioner, sampel yang digunakan
sebanyak 120 responden. Pemilihan sampel menggunakan metode
non probabi
lity
sampling
dengan teknik
purposive sampling.
Alat analisis dalam penelitian ini
adalah
path analysis
dengan analisis regresi 2 tahap
dengan menggunakan
program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek tidak
berpengaruh signifikan terhada
p loyalitas merek, citra merek berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan konsumen, kepuasan konsumen berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas merek, citra merek berpengaruh signifikan terhadap
loyalitas merek yang dimediasi kepuasan konsumen.
Kata kunci :
citra merek, lo
yalitas merek, kepuasan konsumen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 18 Oct 2016 04:42
Last Modified: 18 Oct 2016 04:42
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7775

Actions (login required)

View Item View Item