POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN MURID DI SEKOLAH LUAR BIASA (Studi Kasus Tingkat Sekolah Dasar Golongan C di SLB Negeri 2 Yogyakarta)

Putra, Ian Mahendra (2015) POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN MURID DI SEKOLAH LUAR BIASA (Studi Kasus Tingkat Sekolah Dasar Golongan C di SLB Negeri 2 Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Komunikasi interpersonal memiliki peranan penting dalam proses belajar mengajar, sebuah komunikasi dapat menjadi media bagi terjadinya interaksi guru dengan murid. Komunikasi yang dilakukan dengan murid tunagrahita berbeda. Hal ini dikarenakan murid tunagrahita memiliki. kecerdasan di bawah rata-rata, sehingga mereka mengalami hambatan dalam perkembangannya. Komunikasi interpersonal juga merupakan salah satu komunikasi yang paling efektif untuk memberikan pengajaran maupun pemahaman bagi murid tingkat sekolah dasar di SLB Negeri 2 Yogyakarta Golongan C. Tujuan penelitian ini adalah untuk megetahui, pola komunikasi interpersonal guru dan murid di sekolah luar biasa (SLB) Negeri 2 Yogyakarta tingkat sekolah dasar golongan C. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan deskriptif analisis, yang artinya memaparkan hasil penelitian secara nyata apa adanya. Penelitian dengan metode analisis deskriptif dengan jenis data kualitatif ini menggunakan dua sumber data, yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, bahwa terjadi pola komunikasi interpersonal secara timbal balik atau dua arah antara guru dan murid tingkat sekolah dasar golongan C di SLB Negeri 2 Yogyakarta. Komunikasi interpersonal di SLB Negeri 2 Yogyakarta masih menjadi salah satu komunikasi paling efektif dalam memberikan pemahaman dan pengajaran kepada murid, komunikasi secara timbal balik atau dua arah ini terjadi baik itu di dalam kelas maupun di luar kelas pada saat jam sekolah berlangsung. Hal tersebut, tidak lepas dari komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh guru dengan baik. Kata Kunci : Pola Komunikasi Interpersonal di SLB Negeri 2 Yogyakarta

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Ratna Sufiatin
Date Deposited: 13 Oct 2016 06:32
Last Modified: 13 Oct 2016 06:32
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7615

Actions (login required)

View Item View Item