SWADANA, HANUM PUTRI (2015) PROGRAM KOMUNIKASI PEMASARAN EVENT DEVELOPMENTAL BASKETBALL LEAGUE (DBL) D.I YOGYAKARTA SERIES TAHUN 2015 DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRAK FULL.pdf Download (18kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Menjaga eksistensi sebuah event dibutuhkan komunikasi pemasaran yang baik.
Radar Jogja menunjuk rubrik Ekspresi untuk bertanggung jawab atas pelaksanaan
event DBL. Penelitian program komunikasi pemasaran event DBL D.I Yogyakarta
Series oleh Radar Jogja tahun 2015 bertujuan untuk mendiskripsikan program apa
yang dilakukan oleh Radar Jogja dalam meningkatkan konsumen atau pengunjung
event. Mengetahui pelaku komunikasi pemasaran, implementasi event, dan
evaluasi yang dilakukan setelah event berakhir. Teori Compliance Gaining yang
menjadi landasan teori dalam penelitian ini. Teori tersebut membahas tentang
proses pembuatan pesan untuk mendapat kepatuhan. Penelitian ini mengunakan
jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang mengungkapkan hal-hal
mengenai konsumen, serta aktifitas perusahaan berdasarkan program yang
digunakan dalam menjaring dan mempertahankan konsumen. Jenis data yang
digunakan dalam penelitian diperoleh dari kata-kata dan tindakan, sumber tertulis,
foto/rekaman, dan data statistik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
dilakukan dengan studi lapangan yang meliputi wawancara dan observasi, dan
studi dokumentasi. Hal ini membantu penulis untuk menganalisis program
komunikasi pemasaran event DBL 2015. Hasil penelitian ini mengidentifikasi
program yang selama ini dijalankan oleh Radar Jogja dalam menjaring konsumen
serta hambatan yang selama ini dihadapi oleh Radar Jogja dalam pelaksanaan
komunikasi pemasaran. Bauran komunikasi pemasaran yang digunakan adalah
advertising, personal selling, direct marketing, sales promotion, dan publicity
menjadikan acara tersebut sukses. Adapun kendala yaitu minimnya dana promosi.
Radar Jogja mengatasinya dengan cara memaksimalkan penggunaan media baru
yaitu media sosial.
Kata kunci : komunikasi pemasaran, eksistensi, event DBL.
ABSTRACT
To maintain the existence of an event needs a good marketing communication.
Radar Jogja pointed rubric Ekspresi to be responsible for the implementation of
the DBL event. Marketing Communications Program reseacrh of Development
Basketball League (DBL) D.I Yogyakarta Series by Radar Jogja 2015 aims to find
out what programs are conducted by Radar Jogja in attracting customers or
visitors to the event. In addition, it aims to investigate who the communicators
are, event implementation and how the evaluation takes place after the event are
end. Gaining Compliance that became the theoretical basis of this research. The
theory talks about the process of making the message to get compliance. This
research uses qualitative research with descriptive methods that reveal things
about the consumer, as well as the activities of companies based program used to
attract and retain consumers. Data used in the study was obtained from the words
and actions, written sources, photos / recording camcorders, and statistical data.
The data collection technique in this study was of field sutdy that include
interviews, observation, and documentation. This helps the author analyze the
marketing communications program of Development Basketball League (DBL)
Yogyakarta Series by Radar Jogja in 2015. The results of this study identify the
program that has been run by Radar Jogja in attracting consumers as well as the
obstacles that have been faced by Radar Jogja in the implementation of marketing
communications. Marketing communications mix are used as advertising,
personal selling, direct marketing, sales promotion, and publicity. As for the
constraints that minimum campaign funds. Radar Jogja overcome this by
maximizing the use of new media is social media.
Keywords : marketing communication, existence, event DBL
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Ratna Sufiatin |
Date Deposited: | 12 Oct 2016 07:12 |
Last Modified: | 12 Oct 2016 07:12 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7578 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |