FIKARIYANTO, RIZKI (2015) POLA INTERAKSI GURU DAN MURID ABK (ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS) DALAM PROSES KEGIATAN BELAJAR DI SMP NEGERI 15 CIREBON. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
ABSTRAK_docx.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT inggris_docx.pdf Download (7kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Anak berkebutuhan khusus (ABK) adalah anak yang mempunyai karakteristik khusus dan berbeda dengan anak sebagaimana umumnya, dengan kata lain mereka tidak mampu menunjukkan ketidakmampuan mental, emosi maupun fisik, yang te rmasuk kategori ABK antara lain: Tunanetra, Tunarungu, Tunagrahita, Tunadaksa, Tunalaras, kesulitan belajar, dan kesulitan berperilaku. Hambatan pada pendidik an anak berkebutuhan khusus memerlukan bentuk pelayanan pendidikan yang sesuai dengan kemampuan dan potensi mereka. Pr oses pembelajarannya memerlukan pelatihan khusus untuk para guru yang ingin berkarir dalam pendidikan untuk ABK ini. Interaksi antara siswa ABK dan guru memerlukan cara komunikasi dengan terus menerus dimana didalamnya terselip sebuah proses memotivasi sat u sama lain. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan mengamati fenomena seperti perilaku, persepsi, motivas, tindakan, dan lain -lain secara holistik dan deskriftif. Validitas data dalam penelitian ini menggunaka n teknik triangulasi sumber atau triangulasi data. Triangulasi sumber disini bukan hanya pada satu sumber, akan tetapi lebih dari satu sumber, melalui wawancara, peneliti dapat memperoleh informasi secara jelas dan terstruktur. Hasil penelitian yang dila kukan oleh penulis adalah sulitnya interaksi antara guru, siswa normal dan siswa ABK, dikarenakan siswa ABK tidak hanya berkomunikasi dengan cara verbal, namun juga ada yang harus memakai komunikasi non verbal. H ambatan dan dukungan guru dalam interaksi dengan siswa ABK, hambatannya sering terjadi kesalahfahaman antara siswa ABK dengan guru dan dukungannya adalah guru membuat kelas inklusi sebagai penunjang pendidikan bag i siswa ABK. Dinamika interaksi personal guru dan murid ABK, terjadinya kesulitan penyampaian guru pada siswa, dikarenakan disatukannya antara siswa normal dan siswa ABK dalam kelas regular. Siswa ABK memiliki kemampuan berkomunikasi yang ren dah dan menyebabkan Komunikasi cenderung berjalan dengan satu arah. Kata Kunci : Pola Interaksi, Guru, murid dan Murid ABK ABSTRACT Anak Berkebutuhan khusus (ABK) is a child who has special characteristics and different with other children. In other words they are not able to show the inability of the mental, emotional and physical, ABK category include: Blind, Deaf, Mentally Retarded, Quadriplegic, Tunalaras, learning difficulties, and difficulty behaving. Barriers to education of children with special needs require a form of educational services in accordance with their ability and potential. The learning process requires special training for teachers who want a career in education for thisABK. The interaction between students and ABK teachers require communication with continuous manner, wherein tucked a process to motivate each other. The method used in this study is a qualitative research method by observing phenomena such as behavior, perception, motivas, actions, and other holistic and descriptive. The validity of the data in this study using triangulation techniques or triangulation of data sources. Triangulation sourcehere is not only on one source, but more than one source, through interviews, researchers can obtain information in a clear and structured. Results of research conducted by the authors is the difficulty of interaction between teachers, normal students and the ABK student, because the ABK students are not only communicate verbal way, but alsoABK use non-verbal communication. Teachers barriers and support in the interaction with the ABK student, resistance was misunderstanding between ABK students and are making classroom teacher inclusion as educational support for ABK student. Dynamics of personal interaction of teacher and ABK student, the difficulty of lesson delivering, because combined between normal students and ABK students in the regular classroom. ABK student has low ability communicate and causing communication that occurs tends to run in one direction. Key Words : interaction, teacher, student, and ABK student
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Eko Suprapti |
Date Deposited: | 12 Oct 2016 02:14 |
Last Modified: | 12 Oct 2016 02:14 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7567 |
Actions (login required)
View Item |