PENERAPAN DATAMINING MARKET BASE ANALYSIS PADA KOPERASI UNIVERSITASbPEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

ADHIKARTA M, NIRWAN (2016) PENERAPAN DATAMINING MARKET BASE ANALYSIS PADA KOPERASI UNIVERSITASbPEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of SAMPUL.pdf]
Preview
Text
SAMPUL.pdf

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (7kB) | Preview
[thumbnail of PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf]
Preview
Text
PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (524kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of combinedPDF.pdf] Text
combinedPDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Koperasi terutama dibagian minimarket yang setiap harinya terjadi transaksi penjualan, data transaksi penjualan yang diperoleh akan menjadi banyak dan menumpuk.
Dengan menggunakan data mining kita bisa melihat kecenderungan pelanggan dalam membeli produk dan mengelompokkannya. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah aplikasi yang mampu memilah dan memilih produk, sehingga bisa dikelompokkan berdasarkan
kecenderungan pelanggan dalam membeli produk.
Teknik yang digunakan dalam aplikasi data mining yang dapat digunakan adalah association data mining atau yang biasa disebut dengan istilah market basket analysis.
Market basket didefinisikan sebagai suatu itemset yang dibeli secara bersamaan oleh pelanggan dalam suatu transaksi. Market basket analysis adalah suatu alat yang ampuh untuk pelaksanaan strategi cross-selling. Aturan asosiasi dengan algoritma apriori ini melakukan
proses iterasi untuk menghasilkan kombinasi item yang memiliki pola frekuensi tinggi,
berdasarkan nilai ambang batas support dan confidence yang diberikan oleh user. Teknik ini
menganalisis kombinasi pola pembelian produk yang sering dibeli secara bersama oleh
setiap pelanggan minimarket yang berdasarkan pada data transaksi, sehingga untuk
selanjutnya dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam membuat strategi pemasaran dan
penjualan yang efektif. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Waterfall, meliputi tahap analisis kebutuhan, design sistem, penulisan program, penerapan program dan pemeliharaan. Sistem ini dibangun dengan memanfaatkan PHP dan penyimpanan data menggunakan MySQL.

Kata Kunci : data mining, market base analysis, algoritma apriori, koperasi, minimarket,
waterfall

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 12 May 2016 03:50
Last Modified: 11 Oct 2022 03:41
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/740

Actions (login required)

View Item View Item