Amalia, Vinda Pita (2015) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DISTRIBUTOR HERBALIFE DI YOGYAKARTA DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS KONSUMEN. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (193kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Pemasaran Distributor Herbalife di Yogyakarta dalam
Mempertahankan Loyalitas Konsumen? Herbalife merupakan sebuah produk kesehatan dimana
Herbalife selalu mengumandangkan tentang hidup sehat kepada konsumen maupun calon
konsumennya. Dilain sisi Herbalife adalah salah satu perusahaan yang juga menginginkan untuk
mempertahankan loyalitas konsumennya. Herbalife sadar bahwa eksistensi perusahaan juga
tergantung dari eksistensi pelanggan atau konsumennya. Berdasarkan hal tersebut, maka pihak
Herbalife pun juga menerapkan strategi pemasaran melalui distributor untuk mengenalkan dan
mempertahankan kepada konsumennya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif.
Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan studi pustaka. Dari hasil penelitian ini ditemukan
bahwa strategi komunikasinya menggunakan tiga pendekatan yakni pull strategy, push strategy (bisnis
MLM) dan profile strategy. Namun pada kenyataannya komunikasi yang berhasil adalah menggunakan
distributor, dimana komunikasi secara lebih dekat dengan menggunakan komunikasi interpersonal.
Distributor mampu menjelaskan, mengajak dan membujuk konsumen untuk bergabung. Kekuatan
komunikasi ini dilengkapi dengan media pendukung menjadi penentu dalam proses deal dengan
konsumen. Kepercayaan terbangun karena komunikasi yang dekat antara komunikan (konsumen)
dengan komunikator (distributor). Keberhasilan ini melahirkan loyalitas pada konsumen.
Kata Kunci :Strategi, Komunikasi Pemasaran, Distributor, Loyalitas Konsumen
This study entitled "Herbalife Distributor Marketing Communication Strategy in Yogyakarta in
Maintaining Consumer Loyalty? Herbalife is a health product which Herbalife has always echoed on
healthy living to customers and prospective customers. On the other side of Herbalife is one of the
companies who also want to maintain customer loyalty. Herbalife aware that the existence of the
company also depends on the existence of customers or consumers. Based on this, then the Herbalife
was also implementing marketing strategies through distributors to introduce and maintain the
consumers. This type of research is qualitative research. Data were obtained through interviews,
observation and literature. From the results of this study found that the communications strategy
using three approaches namely pull strategy, push strategy (MLM) and profile strategy. But in fact
successful communication is to use a distributor, which is much closer communication using
interpersonal communication. Distributor able to explain, persuade and entice consumers to join.
Communication power is equipped with a supporting media be decisive in the process deal with
consumers. Confidence awakened by a close communication between the communicant (the
consumer) with the communicator (distributor). This success gave birth on consumer loyalty.
Keywords: Strategy, Marketing Communications, Distributor, Consumer Loyalty
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Darsini Darsini |
Date Deposited: | 03 Oct 2016 06:28 |
Last Modified: | 03 Oct 2016 06:28 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7124 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |