Implementasi Permainan sebagai Sarana Peningkatan Pemahaman Mahasiswa dalam Pembelajaran Matakuliah di Jurusan Teknik Industri

DWI ASTANTI, YULI and RISTYOWATI, TRISMI (2013) Implementasi Permainan sebagai Sarana Peningkatan Pemahaman Mahasiswa dalam Pembelajaran Matakuliah di Jurusan Teknik Industri. In: Seminar on Application and Research in Industrial Technology, SMART; in conjuction with Seminar Teknologi Simulasi, TEKNOSIM.

[thumbnail of 4. TEKNOSIM UGM Yuli Dwi Astanti.pdf]
Preview
Text
4. TEKNOSIM UGM Yuli Dwi Astanti.pdf

Download (354kB) | Preview
[thumbnail of 4. TEKNOSIM UGM YDA Paper PDF.pdf]
Preview
Text
4. TEKNOSIM UGM YDA Paper PDF.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Program studi Teknik Industri (TI) merupakan program studi rekayasa sistem
terintegrasi, dimana mahasiswa TI pada umumnya diharapkan memiliki keahlian dalam hal
perancangan, instalasi, perawatan, pengendalian dan peningkatan performansi sistem. Oleh
karena itu, mahasiswa TI perlu mempelajari ilmu sains dan juga ilmu sosial dalam hal
pengelolaan sumber daya baik manusia, mesin, uang dan sumber daya yang berhubungan
dengan sistem yang bersangkutan. Hal ini sering kali membuat mahasiswa bingung dan
lamban dalam memahami apa sebenarnya ilmu yang dipelajari di TI, apa peran TI dalam
dunia industri dan spesifikasi apa yang dimiliki oleh lulusan TI. Salah satu metode
pembelajaran yang bisa diterapkan untuk membantu mahasiswa dalam memahami sebuah
ilmu adalah dengan metode pembelajaran menggunakan simulasi permainan. Pada
penelitian kali ini, akan dikembangkan sebuah model simulasi permainan yang diberi nama
IE Game. IE Game merupakan simulasi permainan fisik yang memungkinkan mahasiswa
berperan aktif dalam sebuah sistem, dimulai dari hulu sampai hilir. Permainan ini
memungkinkan mahasiswa mempelajari proses pengadaan, sistem produksi tekan dan tarik,
pengendalian kualitas, dan distorsi informasi yang terjadi dalam sebuah rantai pasok.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dengan melakukan pretest dan posttest diketahui
bahwa IE Game dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap TI dan sebagian
besar mahasiswa berharap metode pembelajaran serupa sering diadakan di perkuliahan di
TI.

Kata kunci: simulasi, permainan, pengadaan, sistem produksi, beer game

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 03 Oct 2016 04:49
Last Modified: 03 Oct 2016 08:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7115

Actions (login required)

View Item View Item