P MANIK, RUDIANTO (2016) ANALISIS EFISIENSI SALURAN PEMASARAN BAWANG MERAH DI DESA SRIGADING KECAMATAN SANDEN KABUPATEN BANTUL. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
abstrak.pdf Download (166kB) | Preview |
Preview |
Text
cover depan.pdf Download (177kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (137kB) | Preview |
Preview |
Text
lembar pengesahan pdf.pdf Download (230kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis marjin pemasaran bawang merah
(2) mengetahui perbedaan nilai bagian harga petani bawang merah (3) mengetahui
perbedaan efisiensi pemasaran bawang merah pada saluran pemasaran yang
dilakukan petani bawang merah di Desa Srigading Kecamatan Sanden Kabupaten
Bantul. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Daerah
penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling. Sampel petani
ditentukan berdasarkan metode purposive. Penentuan sampel pedagang perantara
menggunakan teknik snowball sampling. Macam data yang digunakan adalah data
primer dan data sekunder. Teknik analisis dilakukan dengan analisis efisiensi
pemasaran, marjin pemasaran dan farmer’s share. Pengujian hipotesis pertama
dan kedua dilakukan dengan Independent Sample T test. Terdapat dua saluran
pemasaran bawang merah di daerah penelitian. Saluran pemasaran pertama nilai
farmer’s share sebesar 87,91% dengan tingkat efisiensi sebesar 4,36%. Saluran
pemasaran kedua nilai farmer’s share sebesar 86,63% dengan tingkat efisiensi
sebesar 5,07%. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) marjin pemasaran yang
diperoleh saluran pemasaran bawang merah I (jalur pendek) adalah sebesar Rp
3.625,00/kg dan saluran pemasaran bawang merah II (jalur panjang) adalah
sebesar Rp 4.058,33/kg (2) farmer’s share saluran pemasaran bawang merah I
(jalur pendek) lebih besar dari saluran pemasaran bawang merah II (jalur panjang)
(3) saluran pemasaran bawang merah I (jalur pendek) lebih efisien dari saluran
pemasaran bawang merah saluran pemasaran bawang merah II (jalur panjang).
Kata kunci : Efisiensi pemasaran, farmer’s share, marjin pemasaran, saluran
pemasaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | x. Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 03 Oct 2016 03:48 |
Last Modified: | 03 Oct 2016 03:48 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7097 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |