STUDI DESKRIPTIF STRATEGI CORPORATE COMMUNICATION RUMAH WARNA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PERUSAHAAN

CHRISTIANTO, IGNATIUS HENDY (2016) STUDI DESKRIPTIF STRATEGI CORPORATE COMMUNICATION RUMAH WARNA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PERUSAHAAN. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of ABSTRACK.pdf]
Preview
Text
ABSTRACK.pdf

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRACt.pdf]
Preview
Text
ABSTRACt.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Selama lebih dari 13 tahun, Rumah Warna Corporation menjadi salah satu perusahaan
penyedia produk fashion terbesar di Indonesia. Seiring banyaknya persaingan bisnis fashion
yang sejenis dan berkembangnya teknologi, membuat Rumah Warna berusaha untuk
mempertahankan citra perusahaannya. Para customer mengeluhkan sistem pelayanan dalam
transaksi jual beli online yang dilakukan oleh Rumah Warna. Dengan adanya keluhan tersebut,
customer akhirnya mempertanyakan profesionalitas perusahaan yang dijalankan Rumah
Warna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi corporate communication yang
dijalankan oleh Operational Manager Rumah Warna dalam meningkatkan kualitas pelayanan
perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini menggunakan data
kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode triangulasi, yaitu
menggabungkan data dari hasil wawancara dengan narasumber, melakukan obeservasi di
lapangan, dan melalui studi pustaka dan dokumen lainnya. Hasil penelitian ini adalah strategi
pelayanan perusahaan yang digunakan oleh Rumah Warna berupa model service triangle.
Model ini terdiri dari strategi pelayanan berupa garansi seumur hidup, produk – produk baru
yang up – to – date, dan kunjungan sebagai wisata produksi. Sumber daya manusia yaitu
hubungan antar karyawan Rumah Warna yang erat dengan adanya budaya komunikasi yang
unik dan identik. Sistem pelayanan Rumah Warna juga terus ditingkatkan, baik kepada
customer maupun internal perusahaan, dan terus mengembangkan fasilitas perusahaan yang
mumpuni untuk meningkatkan efektivitas kerja setiap karyawan. Gaya kepemimpinan direktif
dan partisipatif yang dimiliki oleh Owner Rumah Warna mempengaruhi kualitas pelayanan
setiap karyawan. Gaya kepemimpinan suportif yang ditunjukkan oleh Operational Manager
Rumah Warna sangat berpengaruh dalam meningkatkan kualitas pelayanan yang dimiliki
setiap karyawan dalam kegiatan operasional perusahaan.
Kata Kunci : Corporate Communication, Model Service Triangle, Kualitas Pelayanan
Perusahaan.

For more than 13 years, Rumah Warna Corporation becomes one of company that
providing the largest Indonesia's fashion products. As many business competition in fashion
and the technology, this was made Rumah Warna trying to maintain the image of their
company. The customer complained about service system in online transaction by Rumah
Warna. With this complaints, customer finally questioned the company's professionalism by
Rumah Warna. This research has purpose to understand corporate communication strategy
that run by Operational Manager of Rumah Warna. The kind of this research used in writing
thesis by uses a qualitative methodology. The teqnique in this data was collect with the
triangulation methods, which combines data from the interviews with the speakers, do the
observation in the field, and through the literature study and other documents. The result of
this research is services company strategy used by Rumah Warna in the form of a service
triangle model. This model consisting of service strategies in the form of a lifetime warranty,
an up - to - date products, and the visit as the production of tourism. Human resoursces, which
is the relationship between the employees of Rumah Warna with the unique communication
culture and identical. Rumah Warna's service system also be increased, and continue to
develop the company's facilities that importance to increase the work effectiveness of every
employees. The directive and participate leadership's style that owned by the owner of Rumah
Warna affect the quality of service with every employees. The supportive style of leadership
shown by Operational Manager Rumah Warna is very influental in impproving service quality
possessed of every employees in company's operational activities.
Keyword : Corporate Communication, Service Triangle Model, The Company's Quality
of Service

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Darsini Darsini
Date Deposited: 03 Oct 2016 03:48
Last Modified: 03 Oct 2016 03:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7095

Actions (login required)

View Item View Item