Implementasi Permainan sebagai Sarana Peningkatan Pemahaman Mahasiswa dalam Pembelajaran Matakuliah di Jurusan Teknik Industri

Astanti, Yuli Dwi and Ristyowati, Trismi Implementasi Permainan sebagai Sarana Peningkatan Pemahaman Mahasiswa dalam Pembelajaran Matakuliah di Jurusan Teknik Industri. Seminar Teknologi Simulasi, TEKNOSIM. ISSN 978-979-97986-8-8

[img]
Preview
Text
4. TEKNOSIM UGM Yuli Dwi Astanti.pdf

Download (354kB) | Preview

Abstract

Program studi Teknik Industri (TI) merupakan program studi rekayasa sistem terintegrasi, dimana mahasiswa TI pada umumnya diharapkan memiliki keahlian dalam hal perancangan, instalasi, perawatan, pengendalian dan peningkatan performansi sistem. Oleh karena itu, mahasiswa TI perlu mempelajari ilmu sains dan juga ilmu sosial dalam hal pengelolaan sumber daya baik manusia, mesin, uang dan sumber daya yang berhubungan dengan sistem yang bersangkutan. Hal ini sering kali membuat mahasiswa bingung dan lamban dalam memahami apa sebenarnya ilmu yang dipelajari di TI, apa peran TI dalam dunia industri dan spesifikasi apa yang dimiliki oleh lulusan TI. Salah satu metode pembelajaran yang bisa diterapkan untuk membantu mahasiswa dalam memahami sebuah ilmu adalah dengan metode pembelajaran menggunakan simulasi permainan. Pada penelitian kali ini, akan dikembangkan sebuah model simulasi permainan yang diberi nama IE Game. IE Game merupakan simulasi permainan fisik yang memungkinkan mahasiswa berperan aktif dalam sebuah sistem, dimulai dari hulu sampai hilir. Permainan ini memungkinkan mahasiswa mempelajari proses pengadaan, sistem produksi tekan dan tarik, pengendalian kualitas, dan distorsi informasi yang terjadi dalam sebuah rantai pasok. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dengan melakukan pretest dan posttest diketahui bahwa IE Game dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap TI dan sebagian besar mahasiswa berharap metode pembelajaran serupa sering diadakan di perkuliahan di TI.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 30 Sep 2016 12:22
Last Modified: 30 Sep 2016 12:22
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7073

Actions (login required)

View Item View Item