Merdiyantara, Caesar (2016) PENGARUH TERPAAN POSTING TEMPAT WISATA DI INSTAGRAM TERHADAP MINAT PARIWISATA MAHASISWA (Survai Pada Mahasiswa FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta Angkatan 2015 Yang Mengakses Akun @explorejogja). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
Preview |
Text
Abstrak.pdf Download (188kB) | Preview |
Abstract
Before the existence of the digital age, exposure of tourism information
earned the public through television, radio, magazines or tourism books-related
tourist attractions, but now the public can obtain informations from the internet
by two-way communicationi interactions to facilitate someone getting a desired
location. The author chose Instagram because one of the social media
applications that are favorites among the community and choose the account
@explorejogja because it has a lot of followers with photos of attractions in
Yogyakarta. The purpose of this research is to know relationships influence
exposure to post on the account @explorejogja on Instagram against tourism
interests of students, and to know other factors arising from the influence of
exposure to post on the account @explorejogja on Instagram against tourism
interests the student. Methode is quantitative methods with the use of surveys to
students accessing the account @explorejogja on Instagram. The theory is the
theory of S-O-R, AISAS model and the concept of media exposure. Technique of
data analysis in this study is the product moment correlation, regression analysis
moderation, partial corelation, f test, t-test and the results of this research is
"there is the influence of exposure of tourist attractions in Instagram to the
interests of students of FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta and there is the
influence of exposure of tourist attractions in Instagram to the interests of
students of FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta supported by social factors".
Key Word: influence, exposure, posting, tourist attractions, instagram, interest,
tourism, students, yogyakarta
Sebelum adanya era digital, terpaan informasi tempat wisata didapat
masyarakat melalui televisi, radio, majalah pariwisata atau buku yang terkait
dengan tempat wisata tersebut, tetapi sekarang masyarakat bisa memperoleh
informasi dari internet dengan interaksi komunkiasi dua arah u ntuk
mempermudah sesorang mendapatkan lokasi tempat wisata yang diinginkan.
Penulis memilih Instagram karena salah satu aplikasi media sosial yang favorit di
kalangan masyarakat dan memilih akun @explorejogja karena mempunyai
pengikut yang banyak dengan foto tempat wisata di Yogyakarta. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengaruh terpaan posting pada
akun @explorejogja di Instagram terhadap minat pariwisata mahasiswa, dan
untuk mengetahui faktor lainnya yang timbul dari pengaruh terpaan posting pada
akun @explorejogja di Instagram terhadap minat pariwisata mahasiswa. Metode
yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan survai kepada
mahasiswa yang mengakses akun @explorejogja di Instagram. Teori yang
digunakan adalah teori S-O-R dengan model AISAS dan konsep pajanan media.
Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah korelasi product moment, analisis
regresi moderasi, uji f, korelasi parsial, dan uji t. Hasil dari penelitian ini adalah
“ada pengaruh terpaan posting tempat wisata di Instagram terrhadap minat
pariwisata mahasiswa FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta” dan “ada pengaruh
terpaan posting tempat wisata di Instagram terhadap minat pariwisata mahasiswa
FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta yang didukung oleh faktor sosial”
Kata Kunci: pengaruh, terpaan, posting, tempat wisata, Instagram, minat,
pariwisata, mahasiswa, yogyakarta
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Darsini Darsini |
Date Deposited: | 30 Sep 2016 04:28 |
Last Modified: | 30 Sep 2016 04:28 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7059 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |