STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KOMUNITAS MUSIK HELLHOUSE YOGYAKARTA DALAM MEMPROMOSIKAN LAGU DAN MERCHANDISE KEPADA MASYARAKAT

HARDIANSYAH, AHMAD YUDANTO (2015) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KOMUNITAS MUSIK HELLHOUSE YOGYAKARTA DALAM MEMPROMOSIKAN LAGU DAN MERCHANDISE KEPADA MASYARAKAT. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sebagai komunitas yang memproduksi lagu dan merchandise di Indonesia,
Hellhouse menggunakan strategi komunikasi pemasaran untuk mempromosikan
lagu dan merchandise kepada masyarakat. Penelitian ini berjudul Strategi
Komunikasi Pemasaran Komunitas Musik Hellhouse Yogyakarta Dalam
Mempromosikan Lagu dan Merchandise Kepada Masyarakat. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi
strategi komunikasi pemasaran Hellhouse dalam mempromosikan lagu dan
merchandise kepada masyarakat. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan
dengan observasi secara langsung ke Hellhouse, wawancara dengan general
manager, divisi merchandise, dan pelanggan Hellhouse, serta menggunakan data
dari Hellhouse. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik
triangulasi data. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kualitatif dan
dijelaskan dalam bentuk uraian yang disusun secara detail dan sistematis. Hasil
penelitian diperoleh bahwa dalam usaha mempromosikan lagu dan merchandise,
Hellhouse membuat perencanaan kebijakan pemasaran dan perencanaan
komunikasi pemasaran. Pelaksanaan komunikasi pemasaran dengan menggunakan
konsep bauran promosi yaitu periklanan, promosi penjualan, hubungan
masyarakat, penjualan personal dan penjualan langsung, serta mengevaluasi untuk
keberhasilan pelaksanaan komunikasi pemasaran. Secara keseluruhan, strategi
komunikasi pemasaran yang dilaksanakan Hellhouse sudah berhasil dalam
mempromosikan lagu dan merchandise kepada masyarakat. Lima unsur dalam
bauran promosi tersebut saling mendukung, tetapi jika ingin lebih optimal dalam
mempromosikan lagu dan merchandise, Hellhouse perlu memaksimalkan kelima
unsur bauran promosi dalam program yang lebih terkoordinasi.
Kata kunci : pemasaran, promosi, Hellhouse, strategi, komunikasi
xvii
ABSTRACT
As a community that produces song and merchandise in Indonesia,
Hellhouse use marketing communications strategy to promote song and
merchandise to the community. This research titled The Communications Strategy
Marketing The Music Community of Hellhouse Yogyakarta in Promoting Song
and Merchandise to The Community. The purpose of this study is to find planning,
the implementation and evaluation the communications strategy marketing
Hellhouse in promoting song and merchandise to the community. The
methodology used in this research is descriptive qualitative. Data collection done
by observation directly to Hellhouse, interviews with general manager, a division
of merchandise, and customers Hellhouse, and using data from Hellhouse. Data
validity in this research used technique triangulation data. The data accumulated
analyzed qualitatively and described in the form of the discussion developed in
detail and systematic. The results of the study obtained that in an effort to
promote song and merchandise, Hellhouse has been made marketing policy
planning and marketing communications planning. The implementation of the
marketing communications by using the promotional mix concept such as
advertising, sales promotions, public relations, personal selling and direct
marketing, evaluate to the success of the marketing communications. Overall, the
communications strategy marketing implemented Hellhouse has succeeded in
promoting song and merchandise to the community. That five promotional mix
element has mutual support to each other, but to more optimal in promoting song
and merchandise, Hellhouse it is essential to maximize the five promotional mix
elements in a more coordinated program.
Keyword : marketing, promotion, Hellhouse, strategy, communication

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Darsini Darsini
Date Deposited: 30 Sep 2016 03:42
Last Modified: 30 Sep 2016 03:42
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7055

Actions (login required)

View Item View Item