STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KOMUNITAS MUSIK HELLHOUSE YOGYAKARTA DALAM MEMPROMOSIKAN LAGU DAN MERCHANDISE KEPADA MASYARAKAT

HARDIANSYAH, AHMAD YUDANTO (2015) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KOMUNITAS MUSIK HELLHOUSE YOGYAKARTA DALAM MEMPROMOSIKAN LAGU DAN MERCHANDISE KEPADA MASYARAKAT. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sebagai komunitas yang memproduksi lagu dan merchandise di Indonesia, Hellhouse menggunakan strategi komunikasi pemasaran untuk mempromosikan lagu dan merchandise kepada masyarakat. Penelitian ini berjudul Strategi Komunikasi Pemasaran Komunitas Musik Hellhouse Yogyakarta Dalam Mempromosikan Lagu dan Merchandise Kepada Masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi strategi komunikasi pemasaran Hellhouse dalam mempromosikan lagu dan merchandise kepada masyarakat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi secara langsung ke Hellhouse, wawancara dengan general manager, divisi merchandise, dan pelanggan Hellhouse, serta menggunakan data dari Hellhouse. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kualitatif dan dijelaskan dalam bentuk uraian yang disusun secara detail dan sistematis. Hasil penelitian diperoleh bahwa dalam usaha mempromosikan lagu dan merchandise, Hellhouse membuat perencanaan kebijakan pemasaran dan perencanaan komunikasi pemasaran. Pelaksanaan komunikasi pemasaran dengan menggunakan konsep bauran promosi yaitu periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal dan penjualan langsung, serta mengevaluasi untuk keberhasilan pelaksanaan komunikasi pemasaran. Secara keseluruhan, strategi komunikasi pemasaran yang dilaksanakan Hellhouse sudah berhasil dalam mempromosikan lagu dan merchandise kepada masyarakat. Lima unsur dalam bauran promosi tersebut saling mendukung, tetapi jika ingin lebih optimal dalam mempromosikan lagu dan merchandise, Hellhouse perlu memaksimalkan kelima unsur bauran promosi dalam program yang lebih terkoordinasi. Kata kunci : pemasaran, promosi, Hellhouse, strategi, komunikasi xvii ABSTRACT As a community that produces song and merchandise in Indonesia, Hellhouse use marketing communications strategy to promote song and merchandise to the community. This research titled The Communications Strategy Marketing The Music Community of Hellhouse Yogyakarta in Promoting Song and Merchandise to The Community. The purpose of this study is to find planning, the implementation and evaluation the communications strategy marketing Hellhouse in promoting song and merchandise to the community. The methodology used in this research is descriptive qualitative. Data collection done by observation directly to Hellhouse, interviews with general manager, a division of merchandise, and customers Hellhouse, and using data from Hellhouse. Data validity in this research used technique triangulation data. The data accumulated analyzed qualitatively and described in the form of the discussion developed in detail and systematic. The results of the study obtained that in an effort to promote song and merchandise, Hellhouse has been made marketing policy planning and marketing communications planning. The implementation of the marketing communications by using the promotional mix concept such as advertising, sales promotions, public relations, personal selling and direct marketing, evaluate to the success of the marketing communications. Overall, the communications strategy marketing implemented Hellhouse has succeeded in promoting song and merchandise to the community. That five promotional mix element has mutual support to each other, but to more optimal in promoting song and merchandise, Hellhouse it is essential to maximize the five promotional mix elements in a more coordinated program. Keyword : marketing, promotion, Hellhouse, strategy, communication

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Darsini Darsini
Date Deposited: 30 Sep 2016 03:42
Last Modified: 30 Sep 2016 03:42
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7055

Actions (login required)

View Item View Item