INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI RISOL NINGRAT YOGYAKARTA (Studi Deskriptif Promosi Penjualan Risol Ningrat Yogyakarta melalui Instagram Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen)

Futwembun, Aboyaman (2015) INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI RISOL NINGRAT YOGYAKARTA (Studi Deskriptif Promosi Penjualan Risol Ningrat Yogyakarta melalui Instagram Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

Hadirnya media baru memberikan perubahan pada komunikasi pemasaran.
Media baru dalam hal ini internet telah banyak mempengaruhi cara individu
melakukan pemasaran. Dulu jika orang berfikir mengenai konsep pemasaran,
maka mereka akan memikirkan suatu cara yang rumit seperti biaya pemasaran
yang akan dikeluarkan, tenaga kerja yang harus dibayar dan target pasar yang sulit
dijangkau. Namun hal itu berbeda ketika hadirnya internet yang memunculkan
media sosial. Siapa saja dapat melakukan kegiatan pemasaran tanpa mengeluarkan
biaya besar dan dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui strategi promosi penjualan Risol Ningrat Yogyakarta
melalui Instagram dalam meningkatkan jumlah konsumen. Pengumpulan data
menggunakan wawancara dan observasi. Alat analisis dalam penelitian ini
menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa salah
satu upaya pemasaran yang dapat digunakan oleh Risol Ningrat dalam
memasarkan produk usahanya adalah dengan menggunakan media sosial
Instagram sebagai sarana promosi. Instagram Risol Ningrat telah mampu
meningkatkan jumlah konsumen. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan
pendapatan sebelum dan sesudah menggunakan Instagram berkisar antara 5-10
juta perbulan. Melalui media sosial Instagram, Risol Ningrat membuat programprogram penawaran yang membantu mereka dalam menarik minat beli
konsumen, seperti memberikan potongan harga atau diskon voucher 50%,
mengadakan lomba photo contest, lomba tebak risol, dan layanan delivery order
tanpa ongkos kirim.
Kata kunci : Promosi Penjualan, Jumlah Konsumen, Instagram, Risol Ningrat.

The presence of new media provide a change to the marketing
communications. Internet is a new medium that greatly affect the way people do
marketing. In the past when people think about marketing concepts, then they will
think of a way complicated as marketing costs to be incurred, workers must be
paid and the target market that are difficult to reach. But it is different when the
presence of the Internet gave rise to social media. Anyone can perform marketing
activities without having to spend big and can reach a wider market. Anyone can
do activities marketing without removing a great cost and can reach the broader
market. The purpose of this research is to find a strategy of promotion sales Risol
Ningrat yogyakarta through Instagram in increase the number of consumers. Data
collection using interviews and observation. Instrument analysis in this research
using analysis qualitative. These results indicate that one of the marketing efforts
that can be used by Risol Ningrat in marketing efforts is to use Instagram social
media as a promotional tool. Instagram Risol Ningrat have been able to increase
of number of consumers. This is evident from the increase in income before and
after use instagram ranged from 5-10 million a month. Through social media
Instagram, Risol Ningrat create programs that help them in their offers to attract
consumers to buy, such as giving rebates or discount voucher of 50%, quiz Risol
contest, and services delivery order without postage .
Keywords: sales promotion, increase of consumers, Instagram, Risol Ningrat

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Darsini Darsini
Date Deposited: 29 Sep 2016 07:47
Last Modified: 29 Sep 2016 07:47
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7040

Actions (login required)

View Item View Item