Nurahman, Gemilang (2015) IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI BIROKRASI DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI KERJA PEGAWAI ( Studi Deskriptif di Balai Besar Latihan Masyarakat Yogyakarta Bagian Jabatan Fungsional ). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (18kB) | Preview |
Abstract
Iklim komunikasi organisasi merupakan sebuah keadaan atau suasana yang
tercipta di dalam aktifitas komunikasi suatu organisasi. Organisasi birokrasi
merupakan sistem kontrol dalam sebuah organisasi yang dirancang berdasarkan
aturan-aturan rasional dan sistematis yang bertujuan untuk mengkoordinasi dan
mengarahkan aktivitas-aktivitas kerja individu dalam rangka menyelesaikan tugas
administrasi. Iklim komunikasi organisasi birokrasi yang positif akan mampu
memberikan motivasi yang besar bagi seluruh pegawai. Skripsi ini mengenai
bagaimana iklim komunikasi organisasi birokarasi dalam menumbuhkan motivasi
kerja pegawai bagian jabatan fungsional di Balai Besar Latihan Masyarakat
Yogyakarta. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui iklim komunikasi organisasi
birokrasi dalam menumbuhkan motivasi di Balai Besar Latihan Masyarakat
Yogyakarta di bagian Jabatan Fungsional Penelitian ini merupakan jenis
penelitian kualitatif, yang bersifat deskriptif, artinya dalam penelitian kualitatif
studi kasusnya mengarah pada pendeskripsian secara rinci dan mendalam
mengenai potret kondisi tentang apa yang sebenarnya terjadi menurut apa adanya
di lapangan studinya. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan
observasi, wawancara dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa di
bagian jabatan fungsional Balai Besar Latihan Masyarakat Yogyakarta tercipta
iklim komunikasi organisasi birokrasi yang positif. Berdasarkan hasil wawancara,
bahwa telah terciptanya keterbukaan, kepercayaan, partisipasi dalam pengambilan
keputusan dan kebijakan, otoritas pimpinan yang sesuai dengan aturan yang ada,
dan koordinasi kerja yang baik. Hubungan antara pimpinan dan pegawai serta
sesama tercipta dengan baik. Pegawai jabatan fungional menunjukan
komitmennya untuk memberikan kinerja yang maksimal dengan dasar motivasi
atas penghargaan jenjang jabatan. Dengan iklim komunikasi organisasi birokrasi
yang positif, maka akan dapat menumbuhkan motivasi kerja karyawan. Pimpinan
dan pegawai secara bersama-sama bertanggung jawab menciptakan iklim
komunikasi yang positif di lingkungan kerja.
Kata kunci : Iklim komunikasi organisasi birokrasi, pimpinan, pegawai, motivasi.
Organizational communication climate is a condition or the atmosphere which
created in the communications activities of an organization. Bureaucratic
organization is the control system in an organization that was designed based on
the rules of rational and systematic aimed at coordinating and directing the
activities of individual work in order to complete administrative tasks. Positively
communication climate bureaucratic organizations is willing to give huge
motivation for all workers. This thesis is about the communication bureaucratic
climate organization on growing up the motivation in the functional position
workers in the Balai Latihan Masyarakat Yogyakarta. The intend of this research
is to know about the bureaucratic organizational communication climate to
growing up the motivation in the Balai Latihan Masyarakat Yogyakarta in
functional position workers. in the Balai Latihan Masyarakat Yogyakarta of
motivation in training people of in the Functional This research is a kind of
qualitative research, descriptive, which means that in qualitative research case
study is described in detail and depth that portrays the condition of what actually
happened in accordance with what the data field. Research data collection
techniques using observation, interviews and triangulation. The results of the
research showed the positive bureaucratic organizational communication climate
in functional position of Balai Latihan Masyarakat Yogyakarta. Based on
interviewed, that has been the created of openness, trust, participation in
decision-making and policy, leadership authority in accordance with existing
rules, and coordination of work is good. The relationship between leader and
workers as well as others worker created properly. Fungtional workers positions
showing the commitment to gives optimal work with the basic motivation for the
award hierarchy. With positive communication bureaucratic organization
climate, then can increase motivation of workers activities. Leader and workers
are jointly responsible for creating a positive climate communication in the
workplace.
Keyword : communication bureaucratic organization climate, leader, workers,
motivation.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Darsini Darsini |
Date Deposited: | 29 Sep 2016 06:26 |
Last Modified: | 29 Sep 2016 06:26 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7015 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |