ANALISIS KINERJA KOPERASI MENGGUNAKAN KONSEP BALANCE SCORECARD PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM SARWO GAMPANG KABUPATEN KLATEN

MONICHA, FARAH (2016) ANALISIS KINERJA KOPERASI MENGGUNAKAN KONSEP BALANCE SCORECARD PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM SARWO GAMPANG KABUPATEN KLATEN. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kinerja Koperasi Simpan Pinjam
Sarwo Gampang Kabupaten Klaten dengan menggunakan konsep
Balanced
Scorecard
.
Balanced Scorecard
merupakan metode pengukuran kinerja yang
mempertimbangkan empat perspektif
yaitu: perspektif keuangan, perspektif
pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pembelajaran dan
pertumbuhan. Penilaian kinerja pada Koperasi Simpan Pinjam Sarwo Gampang
dilakukan selama empat periode yaitu dari tahun 2009 sampai tahu
n 2011. Data yang
digunakan adalah data prier dan sekunder. Data primer melalui penyebaran kuisoner
kepada karyawan dan anggota Koperasi Simpan Pinjam Sarwo Gampang. Sedangkan
data sekunder berupa laporan keuangan, data anggota, dan data karyawan. Dari has
il
pengukuran yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kinerja Koperasi Simpan
Pinjam Sarwo Gampang secara keseluruhan sudah baik. Namun Koperasi Simpan
Pinjam Sarwo Gampang perlu memperhatikan
Current Ratio
, Total Hutang
(Kewajiban) terhadap
Asset,
To
tal Hutang (Kewajiban)
terhadap Modal Sendiri yang
masih berada diatas standar normal. Serta retensi pelanggan mengalami fluktuasi naik
turun setiap tahunnya.
Balanced Scorecard
merupakan metode yang terbaik untuk
melakukan pengukuran kinerja Koperasi Si
mpan Pinjam Sarwo Gampang, karena
Balanced Scorecard
megukur kinerja koperasi dari aspek keuangan dan non
keuangan,
sehingga hasil pengukuran dengan
Balanced Scorecard
akan lebih akurat.
Hasil pengukuran kinerja yang akurat sangat penting bagi manajemen, b
aik dalam
proses perencanaan, pengambilan keputusan, dan pengendalian, serta dalam
mewujudkan kesejahteraan koperasi.
Kata Kunci :
Balanced Scorecard,
perspektif keuangan, perspektif pelanggan,
perspektif
proses bisnis internal, perspektif pemb
elajaran dan
pertumbuhan, koperasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HG Finance
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 26 Sep 2016 08:07
Last Modified: 26 Sep 2016 08:07
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/6750

Actions (login required)

View Item View Item