ANALISIS KINERJA KOPERASI MENGGUNAKAN KONSEP BALANCE SCORECARD PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM SARWO GAMPANG KABUPATEN KLATEN

MONICHA, FARAH (2016) ANALISIS KINERJA KOPERASI MENGGUNAKAN KONSEP BALANCE SCORECARD PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM SARWO GAMPANG KABUPATEN KLATEN. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kinerja Koperasi Simpan Pinjam Sarwo Gampang Kabupaten Klaten dengan menggunakan konsep Balanced Scorecard . Balanced Scorecard merupakan metode pengukuran kinerja yang mempertimbangkan empat perspektif yaitu: perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Penilaian kinerja pada Koperasi Simpan Pinjam Sarwo Gampang dilakukan selama empat periode yaitu dari tahun 2009 sampai tahu n 2011. Data yang digunakan adalah data prier dan sekunder. Data primer melalui penyebaran kuisoner kepada karyawan dan anggota Koperasi Simpan Pinjam Sarwo Gampang. Sedangkan data sekunder berupa laporan keuangan, data anggota, dan data karyawan. Dari has il pengukuran yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kinerja Koperasi Simpan Pinjam Sarwo Gampang secara keseluruhan sudah baik. Namun Koperasi Simpan Pinjam Sarwo Gampang perlu memperhatikan Current Ratio , Total Hutang (Kewajiban) terhadap Asset, To tal Hutang (Kewajiban) terhadap Modal Sendiri yang masih berada diatas standar normal. Serta retensi pelanggan mengalami fluktuasi naik turun setiap tahunnya. Balanced Scorecard merupakan metode yang terbaik untuk melakukan pengukuran kinerja Koperasi Si mpan Pinjam Sarwo Gampang, karena Balanced Scorecard megukur kinerja koperasi dari aspek keuangan dan non keuangan, sehingga hasil pengukuran dengan Balanced Scorecard akan lebih akurat. Hasil pengukuran kinerja yang akurat sangat penting bagi manajemen, b aik dalam proses perencanaan, pengambilan keputusan, dan pengendalian, serta dalam mewujudkan kesejahteraan koperasi. Kata Kunci : Balanced Scorecard, perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pemb elajaran dan pertumbuhan, koperasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 26 Sep 2016 08:07
Last Modified: 26 Sep 2016 08:07
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/6750

Actions (login required)

View Item View Item